visitaaponce.com

Perpanjang Usia Kendaraan dengan Oli yang Tepat

Perpanjang Usia Kendaraan dengan Oli yang Tepat
(IST)

OLI mesin merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam menjaga performa dan umur panjang dari mesin kendaraan. Fungsi utamanya adalah melumasi, melindungi dan juga mendinginkan bagian-bagian dalam mesin dari gesekan dan keausan yang berlebihan. 

Oli mesin dapat kita analogikan seperti darah yang ada pada manusia. Jika aliran darah lancar maka jantung akan bekerja dengan baik. Hal ini menunjukkan bagaimana pentingnya fungsi oli bagi mesin kendaraan Anda. Namun, seringkali kita menjumpai para pemilik kendaraan acuh terhadap oli kendaraannya. Salah satu penyebabnya adalah minimnya pengetahuan mengenai oli dan fungsinya. 

Oli mesin hadir dalam beragam pilihan jenis dan tipe hingga harga, mulai dari yang murah sampai mahal. Jangan sampai pemilik mobil salah memilih oli mesin karena bisa berisiko terhadap performa dan kesehatan mobil.

Baca juga : Usung DNA Balap, Pelumas Elf Resmi Hadir di Indonesia

Sejatinya oli memiliki beberapa fungsi lain yang perlu kita pahami, mulai dari menambah performa, merapatkan celah antara piston dengan silinder, meredam getaran dan suara, anti karat, dan mengurangi gesekan antar komponen, sehingga mempengaruhi usia pakai kendaraan.

Dengan berbagai macam ragam fungsi oli, pengguna kendaraan harus benar-benar memilih yang tepat dan sesuai kebutuhan mesin. Berikut beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih pelumas mesin kendaraan.

Melihat Buku Panduan Pada Kendaraan

Baca juga : Pelumas yang Penting Dibawa Saat Turing Sepeda Motor

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah merujuk pada buku manual kendaraan itu sendiri. Buku manual ini adalah panduan resmi dari produsen kendaraan dan biasanya mencantumkan rekomendasi jenis oli yang sebaiknya digunakan. 

Informasi ini berharga karena produsen telah melakukan uji coba dan penelitian untuk menentukan oli yang paling cocok dengan mesin kendaraan mereka. Oleh karena itu, manual book menjadi panduan terbaik untuk memilih oli yang sesuai dengan jenis kendaraan.

Perhatikan Kode Sertifikasi API dan SAE pada Kemasan Oli

Baca juga : Jurus Tenang di Tengah Masa Pandemi

Terdapat kode-kode yang mengacu pada jenis oli. Kode ini mengikuti standar American Petroleum Institute (API) dan Society of Automotive Engineers (SAE). Semakin tinggi angka SAE maka semakin kental tingkat viskositas olinya. Sebaliknya Jika semakin rendah, maka oli akan semakin encer.

Memilih oli sesuai spesifikasi mesin merupakan salah satu cara menghemat serta memperpanjang usia pakai kendaraan. Salah satu oli mesin yang cocok digunakan untuk kendaraan pabrikan Jepang maupun Eropa adalah Eneos X Series yang tersedia dalam dua segmen, yaitu Eneos X, serta ada Eneos X Prime yang masuk segmen pelumas premium. Kedua varian ini menggunakan 100% fully synthetic base oil dan sertifikasi API SP.

Eneos X Series dilengkapi aditif Titanium dan Molybdenum untuk memberikan perlindungan mesin pada kondisi Stop n Go, serta mencegah terjadinya kondisi Low-Speed Pre-Ignition. Eneos X ditargetkan untuk kendaraan middle High, LCGC, hingga kendaraan bermesin turbo dan teknologi hybrid.

Baca juga : 5 Alasan untuk Menghindari Bekerja di Tempat Tidur

Sementara Oli premium Eneos X Prime diklaim dapat meningkatkan akselerasi kendaraan, mengurangi gesekan dan kebisingan mesin hingga 32% dalam kondisi putaran mesin hingga 3.000 rpm. Diklaim cocok untuk mesin berteknologi hybrid ataupun mesin turbo. 

Membeli Produk dari Toko dan Distributor Terpercaya

Selanjutnya, konsumen juga harus memastikan membeli oli asli dari outlet terpercaya guna terjamin keasliannya. Sebagai contoh, para konsumen membeli oli Eneos di Bengkel rekanan Eneos dan Juga Website resmi Eneos. Penggunaan oli asli memastikan kita mendapatkan kualitas dan perlindungan sesuai dengan kebutuhan kendaraan. (RO/S-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Chadie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat