visitaaponce.com

Masih Berduka, Pengganti Menteri Tjahjo belum Diputuskan

Masih Berduka, Pengganti Menteri Tjahjo belum Diputuskan
Foto almarhum Menteri PAN-Rebiro Tjahjo Kumolo masih terpajang usai pemakaman di TMP Kalibata, Jumat (1/7) petang.(ANTARA/Aprillio Akbar)

STAF Khusus Bidang Komunikasi dan Media Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Faldo Maldini mengatakan Presiden Joko Widodo masih membutuhkan waktu memutuskan sosok pengganti Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-Rebiro) Tjahjo Kumolo yang wafat pada Jumat (1/7). Saat ini, ujar Faldo, masih dalam suasana duka.

"Tentunya kita ingin mencari pengganti secepat-cepatnya, namun saat ini suasana masih dalam suasana duka dan tentunya butuh diskusi dan menyesuaikan dengan agenda-agenda presiden lainnya. Kita tunggu saja keputusan presiden seperti apa," ujar Faldo di Jakarta, Sabtu (1/7).

Mengenai fungsi dan tata kelola dari Kementerian PAN-Rebiro, Faldo mengatakan tetap berjalan optimal. Saat ini, ujar dia, sudah ada pejabat yang ditunjuk menjabat sebagai Menteri PAN-Rebiro untuk sementara.


Baca juga: Mentan SYL Ungkap Sosok Tjahjo Kumolo, Ahli Ibadah dan Pembela Rakyat


Adapun penggantinya nanti, Faldo meyakini Presiden akan memilih sosok yang tepat.

"Kami mengajak semuanya mendoakan agar almarhum dimudahkan jalannya. Untuk pekerjaan-pekerjaan yang ditinggalkan dalam beberapa waktu ke depan, sudah didedikasikan dengan baik. Jadi, tidak perlu ada kekhawatiran yang berlebihan," tukas Faldo.

Sebelum Menteri Tjahjo meninggal dan tengah menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak 21 Juni 2022, Presiden menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD sebagai ad interim Menteri PAN-Rebiro.

Tjahjo Kumolo dimakamkan secara militer di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Jumat pukul 17.35 WIB. Bertindak sebagai inspektur upacara pemakaman adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno.(S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat