visitaaponce.com

Pemerintah akan Integrasikan 9 Layanan Digital dalam Satu Portal Nasional

Pemerintah akan Integrasikan 9 Layanan Digital dalam Satu Portal Nasional
Ilustrasi portal nasional(dOK: portal.layanan.go.id)

PEMERINTAH akan mengintegrasikan sembilan layanan digital dalam satu aplikasi. Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-Rebiro) Abdullah Azwar Anas mengatakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi memerintahkan kepada seluruh kementerian agar Mei 2024 segera mengintegrasikan berbagai aplikasi untuk disambungkan ke portal nasional bernama INADigital.

"Kondisi saat ini masyarakat memang harus mengunduh berbagai aplikasi untuk setiap layanan," ujar Menpan seusai rapat tertutup yang dipimpin oleh Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (25/3).

Meskipun belum semua aplikasi milik kementerian/lembaga dan pemda terintegrasi. Menpan menyampaikan, dalam waktu dekat akan ada sembilan layanan prioritas dalam portal nasional INADigital yakni antara lain administrasi kependudukan, program Indonesia pintar dan kartu Indonesia pintar kuliah, antrian rumah sakit, registrasi dokter, surat tanda registrasi (STR), sertifikasi vaksin dan imunisasi.

Baca juga : Perpres Publisher Rights Disahkan, Ada Masa Transisi 6 Bulan

Presiden, imbuh Anas, minta agar kendala pengadaan portal nasional segera diatasi. Sejumlah kementerian yakni Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) diminta untuk mendukung anggaran tersebut.

"Tadi ada kendala anggaran presiden minta segera dipecahkan perlunya support anggaran di Dagri karena infrastruktur, karena kalau masuk semuanya nanti akan sangat besar sekali dan khawatir akan down. Begitu juga anggaran Kominfo," terangnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie mengatakan saat ini terdapat 27ribu aplikasi yang dibuat seluruh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah. Kominfo sedang menyiapkan data center yang akan siap pada Agustus 2024.

"Mudah-mudahan di bulan Agustus ini kita akan resmikan pusat data nasional pertama di Cikarang, karena ada tiga, satu di Batam, satu lagi di IKN (Ibu Kota Nusantara)," terang Menkominfo. (Ind/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat