visitaaponce.com

Anies Baswedan Rekomendasi di Tingkat Urban Diperlukan Pusat

GUBERNUR DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan ada tiga hal penting yang dihasilkan dari rangkaian U20 Summit yang akan direkomendasikan kepada G20.

Pertama investasi di bidang kesehatan dan perumahan. "Untuk bisa mempercepat recovery ekonomi dan bisa melakukan kebijakan pembangunan yang lebih berkeadilan, beri kesempatan dan setara bagi semua," ujar Anies usai acara U20 Hotel Fairmont Jakarta, Selasa (30/8).

Kedua, segera adopsi pendekatan berkelanjutan dalam pemanfaatan energi dan mobilitas penduduk dalam kawasan urban.

Baca juga : KTT G20 Jadi Langkah Strategis Indonesia menuju Poros Maritim Dunia

"Ketiga adalah pentingnya memberikan pendidikan dan pelatihan untuk pekerjaan di masa depan, karena kita alami transformasi dan banyak kerja baru, banyak kebutuhan baru, skill di masa yang akan datang," ujar Mantan Mendkibud tersebut.

Anies melanjutkan, pertemuan U20 adalah bagian dari persiapan menuju G20. Ia menceritakan saat mengikuti U20 pertama kali pada 2018 di  Buenos Aires, Argentina.

Saat itu dirinya melihat banyaknya tantangan tingkat nasional dan bagaimana eksekusinya dilakukan di tangan walikota dan Gubernur. Oleh sebab itu, masukan dari level urban (kota) dipandang sangat perlu untuk rekomendasi ke tingkat pusat.

Baca juga : BPIP Berharap KTT G20 Memberi Solusi Bagi Krisis Global

"Dipandang sebagai sesuatu yang sangat bermanfaat dalam perjalanan kedepan kita berharap nantinya komunikasi yang berhasil disusun di sini bisa menjadi masukan untuk G20 yang akan berlangsung di bulan November," ujarnya.

U20 Mayors Summit di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat dihadiri oleh para wali kota baik dari luar negeri maupun dari dalam negeri. Adapun Dalam negeri hadir walikota maupun delegasi langsung hadir, seperti halnya kota Padang. Palu, Medan, Surabaya.

"Bukan saja Jakarta dan Jawa Barat tapi juga kota-kota lain untuk terlibat langsung," pungkasnya. (Far/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat