visitaaponce.com

MPR Dorong Akselerasi Literasi Digital Hadapi Tahun Politik

MPR Dorong Akselerasi Literasi Digital Hadapi Tahun Politik
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat(MI/Haryanto mega )

WAKIL Ketua MPR, Lestari Moerdijat atau Rerie, menilai literasi digital di Indonesia perlu diakselerasi. Langkah itu diperlukan guna menjawab sejumlah tantangan di tengah pertambahan jumlah pengguna internet di Indonesia.

"Penting bagi para pemangku kepentingan untuk mendorong peningkatan literasi politik dan digital masyarakat, agar mampu menjawab tantangan yang dihadapi di tahun politik saat ini," kata Rerie melalui keterangan tertulis, hari ini.

Rerie menuturkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui hasil survei Status Literasi Digital Indonesia 2022 menunjukkan tren peningkatan status literasi digital. Jajak pendapat itu mengukur kecakapan digital, etika digital, keamanan digital, dan budaya digital masyarakat.

Pada 2020 literasi digital Indonesia mendapat skor 3,46 poin. Kemudian, pada 2021 tercatat 3,49 poin dan 2022 hasil survei Status Literasi Digital Indonesia tercatat 3,54 poin.

"Skor tersebut menunjukkan bahwa literasi digital masyarakat Indonesia berada pada kategori sedang," ujar Rerie.

Baca juga: Anies Ajak Masyarakat Lampung Bergerak untuk Perubahan

Rerie mengatakan pentingnya peningkatan kategori sedang literasi digital masyarakat tersebut. Hal itu mengingat tantangan yang dihadapi bangsa di tahun politik akan makin besar, juga mencegah publik terpengaruh hoaks.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu mengatakan pemahaman masyarakat terkait pentingnya mengedepankan nilai-nilai demokrasi, nasionalisme, dan persatuan dalam suatu kontestasi politik, juga harus ditingkatkan. Seluruh pemangku kepentingan diharapkan ikut dalam gerakan tersebut.

"Para pemangku kepentingan dan masyarakat mampu mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang didasari nilai-nilai Pancasila," ucap Rerie.(OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat