visitaaponce.com

Pesawat C-130 J Super Hercules Diserahkan Presiden Jokowi ke Menhan

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan pesawat C-130 J Super Hercules A-1339 dan Pesawat Hercules C-130 H A-135 ke Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta. Pesawat C-130 J Super Hercules buatan Amerika Serikat (AS) baru tiba di Indonesia pada Senin (6/3).

Presiden Jokowi tiba di Lanud Halim Perdana Kusuma pada pukul 08.45 WIB.  Kepala negara disambut Menhan, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Ketua Komisi 1 DPR Meutya Hafid, dan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. 

Jokowi bersama rombongan menyempatkan masuk ke kokpit dan menjajal fasilitas penunjang, seperti headphone yang kerap digunakan pilot. Selanjutnya, secara simbolis Menhan Prabowo menyerahkan replika kunci berwarna kuning ke Panglima TNI Yudo. 

Baca juga: TNI AU Datangkan Super Hercules dari AS

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan bahwa peswat pesawat C-130 J Super Hercules A-1339 ini bisa digunakan sebagai Operasi Mendukung Perdamaian (OMP) ataupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Pesawat tersebut juga mampu terbang mengelilingi Indonesia

"Bisa jangkau seluruh wilayah Indonesia, karena ini bisa terbang 11 jam," ujar Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu, 8 Maret 2023.

Baca juga: 48 Personel TNI AU Latihan di Lockheed Martin AS

Pesawat C-130 J-30 Super Hercules A-1339, merupakan pesawat pertama dari lima unit yang dipesan Kementerian Pertahanan untuk TNI Angkatan Udara. Selanjutnya secara bertahap akan tiba di Tanah Air hingga awal tahun 2024. 

Pesawat terbaru itu memiliki flight station yang lebih canggih dan sistem avionik digital terintegrasi penuh. Dengan ukuran yang lebih lebar, C-130 J-30 mampu membawa kargo hingga 20 Ton.

Ruang pesawat yang besar juga bisa membawa 8 palet atau 97 tandu, 128 pasukan tempur, serta 92 pasukan terjun payung. Pesawat juga dibekali dengan sejumlah fitur, diantaranya aspek peningkatan perlindungan bahan bakar, serta sistem penanganan kargo yang ditingkatkan

Selanjutnya pesawat C-130J-30 Super Hercules A-1339 akan ditempatkan di Skadron Udara 31, Lanud Halim Perdanakusuma, sebagai pesawat angkut berat yang mendukung pelaksanaan tugas TNI AU, baik OMP ataupun OMSP. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat