visitaaponce.com

Disambut dengan Water Salute, Pesawat Pertama Super Hercules Tiba di Indonesia

Disambut dengan Water Salute, Pesawat Pertama Super Hercules Tiba di Indonesia
Pesawat C-130J-30 Super Hercules A-1339 tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta(MI/Faustinus Nua)

PESAWAT multifungsi Super Hercules akhirnya tiba di Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Senin (6/3) siang. Kedatangan pesawat bertipe C-130J-30 Super Hercules A-1339 disambut dengan tradisi Water Salute setelah menempuh penerbangan selama 34 jam dari Amerika Serikat pada 28 Februari lalu.

"Alhamdulillah pesawat tipe C-130J-30 yang pertama akhirnya mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma," ujar Wakasau Marsdya TNI A. Gustaf Brugman usai menyambut kedatangan pesawat Super Hercules di Lanud Halim Perdanakusuma, Senin (6/3).

Pesawat C-130 J-30 Super Hercules A-1339, merupakan pesawat pertama dari 5 unit yang dipesan oleh Kementerian Pertahanan untuk TNI Angkatan Udara. Selanjutnya secara bertahap akan tiba di tanah air hingga awal tahun 2024. 

"Rencananya samapai akhir tahun itu akan datang 4 pesawat dan di awal 2024 satu pesawat," imbuh Gustaf.

Gustaf menjelaskan, pesawat terbaru itu memiliki flight station yang lebih canggih dan sistem avionik digital terintegrasi penuh. Dengan ukuran yang lebih lebar, C-130 J-30 mampu membawa kargo hingga 20 Ton. 

Baca juga : TNI: 5 Pesawat C-130J Super Hercules Datang Bertahap dari AS

Ruang pesawat yang besar juga bisa membawa 8 palet atau 97 tandu, 128 pasukan tempur, serta 92 pasukan terjun payung. Pesawat juga dibekali dengan sejumlah fitur, diantaranya aspek peningkatan perlindungan bahan bakar, serta sistem penanganan kargo yang ditingkatkan.

"Sudah terbukti, pesawat ini memang didesain untuk landasan-landasan anti pad misalnya ada bencana, di landasan anti pad itu dia bisa mendarat. Apalagi dengan tipe ini dia bisa muat lebih banyak dan kecepatan lebih bagus," kata dia.

Adapun, pesat Super Hercules itu terbang dari Amerika Serikat dengan rute Marietta-Monterey-Honolulu-Kwajalein-Guam-Jakarta. Pesawat diterbangkan oleh pilot Lockheed Martin dengan menyertakan 2 penerbang TNI AU serta 1 teknisi.

Secara resmi akan dilakukan penyerahan pesawat oleh Presiden RI/Menhan kepada TNI AU, pada 8 Maret 2023 mendatang. Selanjutnya pesawat C-130J-30 Super Hercules A-1339 akan ditempatkan di Skadron Udara 31, Lanud Halim Perdanakusuma, sebagai pesawat angkut berat yang mendukung pelaksanaan tugas TNI AU, baik OMP ataupun OMSP. 

Baca juga : Ini Fakta Terbaru Pesawat C-130J Super Hercules Pesanan Indonesia 

(Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat