visitaaponce.com

TNI 5 Pesawat C-130J Super Hercules Datang Bertahap dari AS

TNI: 5 Pesawat C-130J Super Hercules Datang Bertahap dari AS
Sebuah kendaraan tempur keluar dari pesawat Hercules milik TNI AU.(Antara)

TNI Angkatan Udara (AU) menyatakan bahwa Indonesia akan kedatangan lima pesawat C-130J Super Hercules dari Amerika Serikat (AS) dalam waktu dekat.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma Indan Gilang menjelaskan kedatangan lima pesawat tersebut melanjutkan kerja sama antara Indonesia dan Negeri Paman Sam.

Rencananya, kelima pesawat C-130J akan datang secara bertahap. Pesawat pertama akan tiba di Indonesia pada awal Maret 2023 mendatang.

Baca juga: Airbus-PTDI Sepakat Kerja Sama Perawatan Helikopter dan Pesawat Militer

“Pesawat akan tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, 6 Maret 2023, yang akan diberangkatkan langsung dari pabriknya di Lockheed Martin, AS, pada 28 Februari ini,” papar Indan, Selasa (21/2).

Kemudian, pesawat C-130J akan kembali tiba di Indonesia pada Juli 2023, Oktober 2023 dan Januari 2024. Setelah tiba di Indonesia, kelima pesawat tersebut akan ditempatkan di Skuadron 31 Lanud Halim, Skuadron 32 Lanud Abdulrachman Saleh dan Skuadron 33 Lanud Sultan Hasanuddin.

Baca juga: Prabowo Menjadi Warga Kehormatan Korps Marinir

“Kedatangan lima pesawat Hercules tipe J ini akan banyak memenuhi kebutuhan kita akan transportasi berat. Serta, transportasi personel, ataupun kargo yang dibutuhkan," imbuhnya.

Sebelumnya, TNI AU memberhentikan operasional pesawat C-130B Hercules A-1312 pada awal Januari 2023. Sebagai gantinya, TNI AU akan mendatangkan pesawat C-130J yang segera tiba di Indonesia.(OL-11)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat