visitaaponce.com

Rapat di Komisi I, Wamenhan Keceplosan Sebut Periode Selanjutnya sebagai Pemerintahan Jokowi-Gibran

Rapat di Komisi I, Wamenhan Keceplosan Sebut Periode Selanjutnya sebagai Pemerintahan Jokowi-Gibran
Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra hadir dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR di Jakarta, Kamis, 6 Juni 2024.(Dok. MI/Susanto)

WAKIL Menteri Pertahanan (Wamenhan) M Herindra keceplosan menyebut periode berikutnya sebagai pemerintahan Jokowi-Gibran (Joko Widodo-Gibran Rakabuming Raka) saat rapat bersama Komisi I DPR. Salah sebut oleh Wamenhan itu seketika membuat semua yang hadir di rapat menjadi riuh.

Momen keceplosan terjadi dalam rapat kerja antara Komisi I DPR dan Kementerian Pertahanan (Kemenhan), TNI, dan Kemenkeu di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). Saat itu, Wamenhan sebenarnya ingin membahas soal pemerintahan Prabowo-Gibran, tetapi yang keluar dari mulutnya justru nama Jokowi-Gibran.

Awalnya, anggota Komisi I DPR Fraksi Golkar Nurul Arifin meminta penjelasan kepada Herindra terkait peruntukkan anggaran 105 juta US Dollar.

Baca juga : Klaim Netralitas Jokowi Semakin Jauh dari Realita

Nurul mengaku masih belum paham dengan pengalihan anggaran 105 juta US Dollar tersebut.

"Saya cuma ingin minta penjelasan kepada Pak Wamenhan, jadi dari 105 juta US Dollar itu, dipakai untuk apa, Pak? Dialihkannya untuk apa? Kita tidak tahu nih. Sekarang minta lagi 35 juta US Dollar," papar Nurul.

"Yang kedua, perhitungan saya, kalau untuk perbaikan saja Rp 1,5 triliun, apakah ini cukup efisien? Dan apakah harus diterima kalau ternyata hanya menjadi beban dan tidak juga bisa diapa-apain?,” tambahnya.

Baca juga : PDIP Mulai Bahas Sikap Politik di Pemerintahan Prabowo-Gibran

Lalu, Herindra pun menjawab pertanyaan Nurul Arifin. Saat memberi penjelasan, Herindra mengaku terlalu bersemangat.

"Jadi anggaran yang 105 juta, sekarang sudah dialihkan untuk pembelian Kapal Fremm, itu 2 buah, yang harganya 1 buahnya 300 juta dollar. Jadi waktu itu karena masih ada kekurangan anggaran, jadi anggaran untuk ini kita alihkan ke pembelian Fremm baru dari Italy. Itu harganya 600 juta dollar satunya. Karena sudah perlengkapan dan sangat modern," ucap Herindra.

"Kemudian bagaimana yang nanti ini? Untuk yang anggaran untuk perbaikan yang baru ini, Pak Men (Menhan Prabowo) sudah bicara nanti akan dukung pada pemerintahan Jokowi-Gibran berikutnya. Pasti itu. Sorry, Prabowo-Gibran hahaha. Prabowo-Gibran. Saking semangatnya ini. Prabowo-Gibran. Jadi Angkatan Laut enggak usah khawatir, bahwa nanti akan didukung pada Renstra berikutnya," ungkapnya sambil tertawa.

Baca juga : Oposisi Diperlukan untuk Penyeimbang Pemerintahan Prabowo-Gibran

Mendengar Herindra yang salah sebut itu, para anggota DPR yang hadir langsung riuh.

Mereka tertawa melihat Herindra yang salah sebut. Herindra pun mengeklaim dirinya terlalu bersemangat.

"Tadi saking semangatnya, Bu, tadi, Bu," ucap Herindra.

"Hahaha. Tolong yang di atas media jangan dibesar-besarkan. Itu hanya faktor semangat," ungkap Meutya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat