visitaaponce.com

Oposisi Diperlukan untuk Penyeimbang Pemerintahan Prabowo-Gibran

Oposisi Diperlukan untuk Penyeimbang Pemerintahan Prabowo-Gibran
Guru Besar Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro.(Medcom)

KEHADIRAN fraksi yang menyatakan oposisi di pemerintahan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, dinilai penting sebagai penyeimbang pemerintahan.

"Jadi ada fraksi besar mendukung pemerintah, fraksi yang juga tidak timpang, cukup mumpuni gitu, yang juga melakukan pengawasan atau mungkin dalam sistem demokrasi disebut sebagai oposisi," kata Guru Besar Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro dalam program Crosscheck by Medcom.id di akun YouTube Medcom.id, Minggu (12/5).

Siti mengatakan penyeimbang di pemerintahan penting agar sistem seperti era Orde Baru tak terulang. Partai politik (parpol) khususnya yang lolos ke DPR harus berperan untuk mengkritisi kebijakan pemerintah.

Baca juga : PKS Diyakini Merapat ke Pemerintahan Baru Prabowo-Gibran

"Kalau itu tidak balance akan selamanya kita didera nanti atas nama pembangunan, maka pendekatan stabilitas politik diperlukan, maka apa yang terjadi? Seperti orde baru, semua partai politik dilumpuhkan," ucap Siti.

Peneliti Ahli Utama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) itu menekankan bahwa parpol yang mengkritisi pemerintah bukan berarti memecah belah bangsa. Sikap itu diperlukan untuk merepresentasikan kehendak rakyat.

"Justru partai-partai politik ini harus menjadi role model gitu ya, teladan, untuk bagaimana mampu mewakili aspirasi me-representasikan khususnya ketika di sistem perwakilan kita itu di DPR gitu ya, merepresentasikan kehendak rakyat, itu yang elok," ujar Siti. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat