visitaaponce.com

Surya Paloh Dukung Kebijakan Sekolah Pagidi NTT

KETUA Umum Partai NasDem Surya Paloh mendukung kebijakan sekolah pukul 05.30 WITA yang ditetapkan oleh Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor B. Laiskodat. Dirinya berharap, kebijakan tersebut bisa meningkatkan kualtias pendidikan di Nusa Tengara Timur (NTT). 

"Ya dia barangkali sedang uji coba itu. Saya berpikir positif aja. Lain lubuk lain ikatnya. Mungkin barangkali itu tidak cocok kalau diterapkan di Jakarta, tapi jangan-jangan cocok di NTT loh, jangan salah," ujarnya seusai acara Silaturahmi Nasional Badan Advokasi Hukum (BAHU) NasDem, Jumat (10/3).

Kebijakan penetapan jam masuk sekolah pukul 05.30 di NTT menuai pro dan kontra di masyarakat. Surya menyebut Gubernur NTT yang merupakan anggota NasDem itu sudah mencoba menyelesaikan permasalah di daerahnya lewat peningkatan kualitas pendidikan.

Baca juga : DPR : Wajib Masuk Sekolah Pukul 5 Pagi Sudah Tepat

"Kalau dia ga berhasil dia belajar dari ketidakberhasilan itu. Kalau dia berhasil kita semua bisa mendapatkan nilai manfaat yang baik," tambahnya.

Lebih lanjut, soal jam sekolah yang lebih awal juga terkait upaya membangun etos kerja dan disiplin. Siswa perlu disiapkan sedini mungkin untuk menjadi pemimpin masa depan bangsa yang berkarakter.

Baca juga : Surya Paloh: Parpol Peserta Pemilu 2024 Hadapi Tantangan Hukum yang Semakin Kuat

"Soalnya itu membangun etos. Bisa ga dia disiplin? Kalau saya ditanya berpikir jangan-jangan jam 5 bisa apa enggak ini. Kalau bisa naik sedikit pangkatnya dari jam 5 ke jam 6 barangkali lebih mantap begitu," tutupnya.

Adapun kebijakan sekolah pukul 5.30 WITA di NTT tidak diberlakukan secara serentak di semua sekolah. Awalnya Laiskodat meminta 2 sekolah di Kota Kupang, namun ada pula beberapa sekolah yang secara sukarela ikut menerapkan program tersebut.

Hingga kini tercatat ada 6 sekolah yang ikut menjalankan kegiatan pembelajaran lebih awal. Semua sekolah tersebut berada di Kota Kupang yang notabene menerapkan sistem zonasi. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat