visitaaponce.com

Sepekan Usai Erick Thohir Laporkan Skandal BUMN Sektor Keuangan ke Kejagung

Sepekan Usai Erick Thohir Laporkan Skandal BUMN Sektor Keuangan ke Kejagung
Erick Thohir berjalan keluar usai bertemu Jaksa Agung ST Burhanuddin di Gedung Kejaksaan Agung (6/3/2023).(MI/Susanto)

USAI sepekan dilaporkan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Kejaksaan Agung (Kejagung) mengaku masih mempelajari kasus skandal BUMN sektor keuangan.

“Baru dipelajari, masih ditelaah, jadi tidak ada kaitannya dengan kasus BUMN lainnya,” tutur Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana kepada Media Indonesia, Selasa (14/3/2023).

Ketut mengemukakan kasus ini termasuk dalam rangka bersih-bersih BUMN dari korupsi. Hingga saat ini, lanjut Ketut, status kasus yang dibawa Erick Thohir ke Kejagung ini belum berstatus lidik.

Baca juga: Sambangi Kejagung, Erick Laporkan Dugaan Kasus Baru terkait BUMN Sektor Keuangan

Artinya, Kejagung belum dalam masuk tahap pemeriksaan saksi dan baru mempelajari berkas atau data temuan di lapangan.

"Belum masih kita pelajari dan telaah," papar Ketut.

Baca juga: Tim Tabur Kejagung Ciduk Pengedar Narkoba Buron 6 Tahun

Rencananya, pada pekan ini, Kejagung baru bisa mengungkap perkembangan kasus yang berpotensi merugikan negara itu ke publik. 

Sebelumnya, Erick Thohir menyambangi Kejagung sembari membawa kasus baru terkait sektor keuangan, Senin, 6 Maret 2023. Namun, Erick belum bisa membeberkan lebih lanjut terkait detail kasus terbaru tersebut.

Erick menegaskan dirinya sengaja membawa kasus tersebut ke Kejagung untuk dibongkar secara menyeluruh seperti kasus korupsi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

“Memang hari ini ada kesepakatan dari pak Jaksa Agung tidak mau bicara kasusnya dulu. Karena harus ada pendalaman dulu, baru kita bicara,” ungkap Erick saat ditemui di Kejagung, Jakarta.

Baca juga: Erick Thohir Dinilai Berhasil Bersih-bersih BUMN

Ketua Umum PSSI itu meminta waktu dua minggu untuk membuka kasus baru tersebut ke publik.

“Kami akan mendalami dulu, dan tentunya nanti kalau sudah fix kami akan sampaikan ke teman-teman. Kita enggak mau sembarangan ‘wah ini ada kasus ini, kasus ini,' ujung-ujungnya enggak ada. Kami akan dalami dulu, baru nanti disampaikan,” ujarnya.

Komjak Dukung Erick Thohir

Terpisah, Ketua Komisi Kejaksaan (Komjak) RI Barita Simanjuntak menuturkan apa yang dilakukan Erick Thohir selaku Menteri BUMN wajib didukung.

Hal itu lantaran langkah konkrit dari Erick untuk berani membersihkan BUMN dari dugaan praktik-praktik korupsi yang merugikan keuangan dan kekayaan negara.

“Langkah yang ditempuh pak Erick perlu menjadi contoh baik, komitmen zero tolerance terhadap praktek korupsi di lingkungan kementerian, di tangan pak Erick kemajuan pesat dan perubahan besar terjadi dalam reformasi BUMN kita,” ungkap Barita kepada Media Indonesia. (Ykb/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat