visitaaponce.com

8 Pihak Terjerat OTT di Kepulauan Meranti Tiba di Jakarta, Ada Anggota BPK

Sebanyak delapan dari 25 orang dari pemerintah daerah Kepulauan Meranti yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dibawa ke Jakarta. Mereka semua langsung diperiksa, termasuk di antaranya Bupati Meranti, Muhammad Adil.

"Selainnya dilakukan pemeriksaan di Kabupaten Kepulauan Meranti dan di Pekanbaru," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Jumat, 7 April 2023.

Ali tidak memerinci identitas delapan orang itu. Namun, dua diantaranya yakni Bupati Meranti Muhammad Adil dan anggota BPK setempat.

Baca juga: OTT Bupati Meranti Terkait Suap Pengadaan Jasa Umroh

"(Yang tiba) yaitu Bupati Kepulauan Meranti dan satu orang anggota tim BPK perwakilan Riau," ucap Ali.

KPK segera menentukan status hukum 25 orang yang ditangkap itu. Lembaga Antirasuah bakal membeberkan nasib mereka dengan konferensi pers nanti.

Baca juga: Total, 25 Orang Terjaring OTT di Kepulauan Meranti, Ini Sebagian Daftarnya

Adil merupakan pejabat pertama yang terjaring OTT KPK pada 2023. Upaya paksa itu dipastikan sesuai aturan berlaku.

"Saya selalu menyampaikan bahwa saya bekerja profesional sesuai ketentuan Hukum dan peraturan perundang-undangan," kata Ketua KPK Firli Bahuri melalui keterangan tertulis, Jumat, 7 April 2023.

Firli menegaskan patokan aturan berlaku dalam penangkapan menjadi harga mati. Sebab, dia tidak mau KPK kalah gugatan karena gegabah saat melakukan operasi senyap.

"Tidak boleh ada cacat hukum di akhir masa jabatan pimpinan KPK karena kami berlima selalu hati-hati, proden dan kompak dalam membuat keputusan," tegas Firli.

(MGN/Z-9)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat