visitaaponce.com

PDIP Cari Afiliasi NU di Pilpres 2024, Pengamat Sebut Sosok Erick Thohir

PDIP Cari Afiliasi NU di Pilpres 2024, Pengamat Sebut Sosok Erick Thohir
Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari.(Dok,.Metro TV)

PDI Perjuangan resmi menjalin kerja sama dengan PPP dalam menatap Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Menanggapi hal ini pengamat politik M Qodari menyatakan partai pengusung calon presiden (capres) Ganjar Pranowo tersebut tengah mencari afiliasi organisasi Nahdlatul Ulama (NU) untuk menghadapi kontestasi demokrasi mendatang.

Karena itu, menurut Qodari, PDIP akan mencari pendamping Ganjar Pranowo yang juga bagian dari keluarga besar NU.

Baca juga: Duet dengan Erick Thohir Membuka Kans Menang untuk Ganjar Pranowo

Dari berbagai nama yang ada dalam bursa cawapres saat ini, Qodar merujuk kepada nama-nama yang telah disebutkan oleh Presiden Jokowi siapa yang cocok untuk mendampingi Gubernur Jawa Tengah (Jateng) tersebut di Pilpres 2024.

Erick Dinilai Cocok Dampingi Ganjar

Merujuk ke dua referensi tersebut Qodari menilai Erick sebagai sosok yang cocok untuk mendampingi Ganjar Pranowo dan sejalan dengan kepentingan PDIP dalam mencari afiliasi NU.

Baca juga: PDIP Optimistis Ganjar Pranowo Menang di Semarang

“PDIP melihat kedepan dalam kerja sama ini, mereka membutuhkan kader NU. Kerja sama PDIP dan PPP menguatkan tesis saya terkait kebutuhan kader NU di Pilpres 2024 dan menurut saya yang potensial dari keluarga besar NU dari nama-nama yang disebutkan oleh Presiden Jokowi adalah Erick,” terang Qodari dalam keterangan pers, Senin (1/5).

Direktur Eksekutif Indo Barometer ini menjelaskan Erick merupakan keluarga besar NU atau nahdliyin yang potensial karena memiliki banyak bekal di dalam kontestasi demokrasi mendatang.

Erick sebagai Andalan Jokowi

Qodari mengatakan pemimpin andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi ini sudah terbukti sebagai Nahdliyin di mana memiliki kesuksesan dalam menyelenggarakan Harlah 1 Abad NU sebagai Ketua Steering Committee (SC) Harlah ke-100 NU.

Baca juga: Survei: Elektabilitas Ganjar dan Anies Cenderung Naik, Prabowo Turun

Kemudian, Erick juga memiliki hubungan dekat dengan Ganjar Pranowo dan Presiden Jokowi. Menurut Qodari hal ini merupakan variabel yang masuk dalam pertimbangan.

Apalagi Erick merupakan cawapres top of mind dari Presiden Jokowi untuk menjadi pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 dan pemerintahan Indonesia selanjutnya.

Erick Miliki Logistik dan Elaktabilitas

Di samping itu, Erick juga memiliki kekuatan logistik dan elektabilitas sebagai cawapres.

Hal ini tentunya mengungguli kader-kader NU lainnya di bursa Pilpres 2024 mendatang. Apalagi berdasarkan hasil survei dari berbagai lembaga nama Erick  bertengger di jajaran top three cawapres 2024.

Baca juga: Denny Indrayana Sebut Jokowi Arahkan tidak Ada Anies Baswedan di Pilpres 2024

Maka dari itu, Qodari mengatakan Erick ideal untuk dipasangkan dengan capres dari PDIP di Pilpres 2024 sebagai representasi dari keluarga besa NU.

“Kalau melihat NU salah satu nama yang potensial dan paling lengkap ada nama Erick Thohir untuk Ganjar Pranowo,” pungkas Qodari. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat