visitaaponce.com

Gerak Cepat, Anak Buah Jokowi di Kemendagri Turunkan Tim ke Lampung Bahas Infrastruktur

Gerak Cepat, Anak Buah Jokowi di Kemendagri Turunkan Tim ke Lampung Bahas Infrastruktur
(Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kemendagri Agus Fatoni menyampaikan arahan dan pendampingan penganggaran pembangunan infrastruktur(Dok Kemendagri)

TIM Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bergerak cepat turun langsung mengumpulkan jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) se-Lampung untuk membahas infrastruktur. Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kemendagri Agus Fatoni menjelaskan, pembenahan infrastruktur utamanya jalan di Lampung merupakan arahan langsung dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian selaku pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

"Tim Kemendagri ke Lampung untuk memberikan asistensi dan pendampingan dalam penganggaran pembangunan infrastruktur di Lampung," ujar Fatoni dalam keterangannya yang diterima Media Indonesia di Jakarta, Jumat (5/5). 

Fatoni mengatakan, kehadiran Kemendagri tidak lepas dari tugas pembinaan dan pengawasan terhadap Pemda sebagai poros pemerintahan dan politik dalam negeri. Dirinya mengungkapkan, tugas tersebut telah tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Mendagri memiiki kewajiban untuk melakukan pembinaan dan pengawasan umum penyelenggaraan Pemda secara nasional.

Baca juga : Pemda Lampung Dianggap Tak Mampu Tangani Jalan Rusak, Jokowi Ambil Alih

"Sementara itu, peran Kemendagri berdasarkan UU Nomor 13 Tahun 2014 Pasal 373 ialah pemerintah pusat melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah baik di tingkat provinsi. Kemudian gubernur sebagai wakil pemerintah pusat melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah kabupaten/kota," jelas Fatoni.

Tim Kemendagri yang turun ke Lampung di antaranya Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendagri Tomsi Tohir, Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil), Inspektur IV Itjen Kemendagri, Direktur Perencanaan Anggaran Ditjen Bina Keuda, Direktur Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah Ditjen Bina Keuda, dan Kasubdit PU Ditjen Bina Keuda. Sementara itu, dari pemerintah provinsi dihadiri Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Sekretaris Daerah Provinsi, Inspektur Provinsi Lampung hingga jajaran lainnya. 

Baca juga : Jokowi Gunakan Mobil Tinjau Jalan dan Infrastruktur di Lampung

Pada kunjungan Tim Kemendagri kali ini, setidaknya diperoleh 8 data mengenai pembangunan infrastruktur di Lampung. Mulai dari data alokasi anggaran pembangunan infrastruktur di seluruh Lampung, data panjang jalan, data kondisi jalan, permasalahan pembangunan infrastruktur jalan, hingga data-data dokumentasi jalan maupun jembatan yang ada di Provinsi Lampung. 

Presiden Jokowi diketahui pada Jumat (5/5) pagi melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung. Dirnya menginstruksikan agar perbaikan infrastruktur di Lampung perlu segera dilakukan. Lampung mendapat sorotan karena banyaknya jalan yang rusak. 

"Secepat-cepatnya dimulai, yang kiranya provinsi tidak memiliki kemampuan, kemudian kabupaten tidak memiliki kemampuan, ya akan diambil alih oleh Kementerian PU, utamanya yang jalannya rusak parah. clear?" ujar presiden. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat