visitaaponce.com

Pemda Lampung Dianggap Tak Mampu Tangani Jalan Rusak, Jokowi Ambil Alih

Pemda Lampung Dianggap Tak Mampu Tangani Jalan Rusak, Jokowi Ambil Alih
Presiden RI Joko Widodo pasca melakukan kunjungan ke pasar Natar, Lampung Selatan, Jumat, 5 Mei 2023.(Andre Prasetyo Nugroho)

PRESIDEN RI Joko Widodo tegaskan mengambil alih perbaikan jalan di Provinsi Lampung melalui Kementerian PUPR. Ini dilakukan usai memantau beberapa jalan di Provinsi Lampung yang mengalami kerusakan. 

Presiden Jokowi juga dijadwalkan akan menyambangi perbaikan jalan rusak di Kecamatan Rumbia, Lampung Tengah. Jokowi langsung ditemani oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dan Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi. 

Terkait kapan perbaikan, Jokowi mengatakan perbaikan jalan akan segera dilaksanakan dan memprioritaskan jalan kategori rusak parah.

Baca juga: Jokowi Gunakan Mobil Tinjau Jalan dan Infrastruktur di Lampung

"Secepatnya dimulai perbaikan jalan rusak, utamanya jalan yang rusak parah," katanya pasca mengunjungi Pasar Natar, Lampung Selatan, Jumat (5/5).

Jokowi mengungkapkan, alasan pengambilalihan perbaikan jalan provinsi ke pusat karena keterbatasan anggaran membuat provinsi dan kabupaten tidak mampu memperbaiki seluruh jalan yang rusak. 

Baca juga:Akun Tiktok Bima Yudho Saputro Kena Banned! Usai Viralkan Jalan Rusak Lampung

"Saya kira provinsi tidak memiliki kemampuan (memperbaiki jalan), kemudian kabupaten tidak memiliki kemampuan akan diambil alih oleh Kementerian PU," ungkapnya. 

Perbaikan jalan dan infrastruktur lainnya bagi Jokowi penting dalam rangka menurunkan biaya logistik untuk mengendalikan stabilitas harga di pasar. 

"Kita (ke Lampung) selain melihat inflasi, lihat harga-harga tapi juga melihat infrastruktur utamanya jalan karena itu kunci. Biaya logistik itu sangat bergantung baik atau tidaknya infrastruktur yang kita miliki," tegasnya. 

Ia berharap infrastruktur yang baik dapat menurunkan harga, dan inflasi semakin turun.  

"Selain itu harga akan berkaitan dengan infrastruktur harga barang-barang yang utamanya bahan pangan di pasar ini," pungkasnya. 

Diberitakan sebelumnya Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi sudah menyiapkan anggaran Rp 750 miliar untuk perbaikan jalan yang rusak. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat