visitaaponce.com

Pertemuan Luhut dan Surya Paloh Menandakan Hubungan NasDem dan Istana Baik-baik Saja

Pertemuan Luhut dan Surya Paloh Menandakan Hubungan NasDem dan Istana Baik-baik Saja
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh(Medcom / Fachri Audhia Hafiez Sumber)

PERTEMUAN aantara Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marivest) Luhut Binsar Pandjaitan, Jumat (5/5) dapat dibaca sebagai bagian dari rekonsiliasi hubungan antara NasDem dan Presiden Joko Widodo yang baik-baik saja.

“Pertemuan itu adalah bagian dari rekonsiliasi. Dengan menunjuk Luhut artinya ada diplomasi tidak langsung antara presiden dan NasDem. Bahwa dilihat publik keduanya berbeda arah yang sebenarnya tidak seperti itu,” jelas peneliti Pusat Riset Politik BRIN Wasisto Raharjo.

Wasisto yang dihubungi di hari yang sama juga menilai dalam diplomasi tersebut juga terlihat masih ada keinginan koalisi pemerintah untuk merangkul NasDem. Hal ini juga penting untuk memberikan penjelasan kepada publik terkait persepsi yang selama ini ada tidaklah benar.

Baca juga : Luhut Akui Punya Hubungan Baik dengan Surya Paloh 

“Paling tidak mengubah persepsi publik tentang perbedaan politik NasDem dan Jokowi bahwa kedua aktor ini baik-baik saja, tidak ada masalah komunikasi antara dua aktor ini yang dipersepsikan publik”

Di sisi lain pilihan politik NasDem untuk 2024 yang berbeda juga merupakan hal wajar dan Luhut mencoba menjembatani komunikasi yang mungkin tertunda sebelumnya. Selain itu komitmen NasDem yang tetap pada sikapnya untuk mendukung pemerintahan yang sekarang merupakan ketegasan politik yang baik dan memberikan pengaruh terhadap pertemuan ini.

Baca juga : Luhut dan Paloh Mendadak Bertemu Bahas Pilpres 2024

“Pilihan politik berbeda itu wajar maka Luhut menjembatani komunikasi yang mungkin tertunda. Komitmen itu ada pengaruhya karena tetap mendukung pemerintahan sampai selesai,” tukasnya. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat