visitaaponce.com

Pesan Surya Paloh Rasional dan Realistis terkait Jokowi di Pilpres 2024

Pesan Surya Paloh Rasional dan Realistis terkait Jokowi di Pilpres 2024
Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan mengaku punya hubungan baik dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.(Ist )

PAKAR politik Universitas Indonesia Cecep Hidayat menilai permintaan atau pesan yang disampaikan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan terkait netralitas Presiden Joko Widodo rasional dan realistis.

“Itu permintaan yang rasional dan realistis. Karena memang dalam harusnya presiden bersikap demikian presiden tidak cawe-cawe seharusnya tentang Pilpres 2024 karena itu ranahnya partai politik,” ucapnya.

Cecep yang dihubungi, Sabtu (6/5) menilai pertemuan Surya Paloh dan Luhut Binsar Panjaitan dapat diartikan upaya membangun koalisi. Namun sebetulnya ketika masuk dalam tahun politik 2024 sudah memiliki entitas yang relatif mandiri.

Baca juga: Luhut dan Paloh Mendadak Bertemu Bahas Pilpres 2024

“Jangan (presiden) dianggap king maker terkesan ada pesan seperti itu. Jadi sebetulnya saat (Jokowi) jadi preside pengabdian dia harus diperluas ke negara dan rakyat bukan lagi milik partai,” jelasnya.

Sebelumnya Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh sudah menitipkan pesan kepada Presiden Joko Widodo melalui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Surya Paloh memberi pesan supaya Kepala Negara menjaga netralitas menyikapi kontestasi politik 2024. "Menginginkan (Jokowi netral), iya dong. Bukan sekadar menginkan, mengharuskan bahkan," kata Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto. (Sru/Z-7)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat