visitaaponce.com

Jangan Jadikan Lawan Politik Sebagai Musuh

Jangan Jadikan Lawan Politik Sebagai Musuh
Mantan Ketua Mahkamah Konstitus Hamdan Zoelva(MI/ Susanto)

MANTAN Hakim Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva setuju dengan pernyataan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yang menekankan berkompetisi yang sehat pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024

Menurutnya sikap dan itikad baik untuk membangun bangsa harus ditanamkan dalam diri setiap calon pemimpin dan wakil rakyat. Sehingga siapapun lawan politik bukan berarti menjadi musuh.

“Saya sangat sependapat dengan Surya Paloh bahwa pemilu agenda tahunan dan rutin adalah satu mekanisme pemilihan rutin pemimpin,” ujar Zoelva saat dihubungi di Jakarta, Kamis (11/5). 

Baca juga : Pemilu Bukan Ajang untuk Memecah Belah

Menurutnya, pemilu merupakan sebuah proses seleksi kepemimpinan. Pemilu merupakan proses yang dipakai untuk mencari kandidat pemimpin terbaik. 

“Oleh karena itu kita harus memiliki itikad baik mengurus bangsa dan yang lain juga harus ada titik singgung mempersatukan kita semua,” ungkapnya. 

Baca juga : Survei Indikator: NasDem 5 Besar dan Anies Paling Populer di DKI Jakarta

Selain itu yang harus disadari dalam berkompetisi adalah banyaknya pihak yang memiliki tujuan dan ideologi yang berbeda. Hal tersebut wajar dan perbedaan harus dilihat sebagai bentuk keindahan demokrasi.

“Kompetisi memang harus ada banyak pihak dalam berpolitik itu wajar saja dan harus saling memahami dan masing-masing punya tujuan yang baik membangun bangsa yang lebih baik, walau punya pandangan yang berbeda tapi harus itu dilihat indahnya kita berdemokrasi,” jelasnya. 

Hamdan berharap besar tahapan Pemilu 2024 yang sudah berjalan dapat berlangsung dengan damai, kondusif sampai terpilihnya presiden baru juga para angota DPR baru.

“Itikad baik harus tertanam di semua politisi dan punya cara pandang yang bukan merendahkan. Perbedaan pada akhirnya saling mengisi dan menguatkan kita. Jangan melihat pemilu sebagai perang, ini kompetisi biasa,” tukasnya. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat