visitaaponce.com

Survei Indikator NasDem 5 Besar dan Anies Paling Populer di DKI Jakarta

Survei Indikator: NasDem 5 Besar dan Anies Paling Populer di DKI Jakarta
Hasil survei pemilu 2024 Indikator Politik Indonesia.(Dok. Indikator Politik Indonesia)

ELEKTABILITAS Partai NasDem di DKI Jakarta kukuh di posisi lima besar. Hal itu terlihat dari hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia. Sementara Anies Baswedan berada di posisi pertama mengungguli para pesaingnya yang juga diusung sebagai calon presiden (capres) di Pemilu 2024.

"Elektabilitas Partai NasDem di posisi kelima dengan enam persen," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei secara virtual, Kamis, (11/5).

Burhanuddin mengatakan elektabilitas tertinggi diraih PDI Perjuangan (PDIP) dengan 23,9 persen. Kemudian Gerindra 15,8 persen dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 12,3 persen.

"Selanjutnya Partai Demokrat dengan 7,7 persen," papar dia.

Baca juga: Surya Paloh Jawab Rencana Bertemu Jokowi

Burhanuddin menyebut Partai Golkar elektabilitasnya di angka 5,1 persen. Sedangkan partai lainnya di bawah tiga persen.

Survei ini dilakukan pada 24 Februari hingga 3 Maret 2023. Populasi survei ini adalah warga negara Indonesia (WNI) berusia 17 tahun ke atas di Provinsi DKI Jakarta.

Dari populasi tersebut, dipilih 2.060 responden secara acak melalui metode multistage random sampling. Jumlah sampel basis mencapai 820 orang. Kemudian dilakukan oversampel di daerah pemilihan (dapil) DKI 1 dan DKI II.

Baca juga: emilu 2024 Jadi Penentu bagi NasDem

Survei ini memiliki tingkat kepercayaan survei 95 persen. Sedangkan margin of error kurang lebih sebesar 3,5 persen.

Anies Paling Populer

Selain elektabilitas NasDem, survei Indikator Politik Indonesia juga menyebutkan Anies Baswedan merupakan tokoh bakal calon presiden (capres) untuk pemilu 2024 yang paling populer di DKI Jakarta. Anies disebutkan memiliki tingkat popularitas di atas tokoh-tokoh lainnya yang beberapa waktu terakhir juga ramai disebut akan maju sebagai capres di Pemilu 2024.

"Anies Baswedan masih unggul signifikan atas Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto," kata Burhanuddin Muhtadi.

Burhanuddin mengatakan, dari survei tersebut diketahui tingkat keterpilihan atau elektabilitas Anies memperoleh angka sebesar 42,4%. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengungguli Ganjar yang memperoleh elektabilitas 33,2%dan Prabowo Subianto sebesar 16,6%.


(MGN/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat