visitaaponce.com

TNI AU Persiapkan Pertanahan Udara di IKN

TNI AU Persiapkan Pertanahan Udara di IKN
Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU.(Antara)

TENTARA Nasional Indonesia Angkata Udara (TNI AU) menyatakan terus mempersiapkan strategi serta sistem untuk pertahanan di Ibu Kota Nusantara atau IKN Nusantara di Kalimantan Timur. Rencananya, IKN akan menggantikan DKI Jakarta sebagai Ibu Kota Indonesia pada 2024 mendatang.

“Mengenai pertahanan udara di IKN ke depannya kami juga membuat kajian dan kami juga mempelajari kajian-kajian yang dibuat oleh lembaga-lembaga lain,” ungkap Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dalam acara Kasau Award 2023, di Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (31/5/2023).

Fadjar mengaku TNI AU juga terus menjalin komunikasi dengan Kementerian Pertahanan yang memberi masukan pertahanan udara seperti apa yang pas untuk di IKN.

Baca juga: Pemerintah Luncurkan Logo Baru Ibu Kota Nusantara

Pembahasan terus digodok lantaran menyangkut anggaran teknologi 20 hingga 30 tahun ke depan .

Fadjar mengemukakan TNI AU saat ini masih terus meningkatkan teknologi alutsista yang melibatkan produk dalam negeri.

Baca juga: Guru Besar Ekonomi Optimis Investor Swasta akan Berdatangan ke IKN

“Ada beberapa alutsista dan ini juga tentunya masukan kami untuk melibatkan produk dalam negeri karena kita harus semakin mandiri,” tegasnya.

Terakhir, Fadjar mengungkapkan TNI AU akan membangun lanud baru dan akan menggeser Skadron 17 dan Skadron 45 yang bertugas mendukung kegiatan presiden dan wakil presiden.

Tak cuma itu, Fadjar menyebut pihaknya membentuk pemandu sektor udara IKN. Organisasi yang kini telah terbentuk itu akan digeser sepaket dengan akan digeser dengan alat utama sistem persenjataan TNI AU yang baru.

“Nantinya akan kita relokasi ke sana dengan alutsista baru, tentunya yang bisa menjamin keamanan wilayah udara khusus di daerah IKN,” paparnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat