visitaaponce.com

KPK Verifikasi Laporan Pengadaan Jet Mirage 2000-5 Menhan Prabowo Subianto

KPK Verifikasi Laporan Pengadaan Jet Mirage 2000-5 Menhan Prabowo Subianto
Ilustrasi(Medcom.id)

KOMISI Pemberantasann Korupsi (KPK) telah menerima laporan dugaan rasuah dalam pengadaan Jet Tempur Mirage 2000-5 di Kementerian Pertahanan (Kemenhan). Aduan itu kini diverifikasi.

“Tentu berikutnya kami verifikasi sesuai ketentuan lebih dahulu oleh bagian pengaduan masyarakat di Kedeputian Infomrasi dan Data KPK,” kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Selasa, 13 Februari 2024.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK itu mengatakan verifikasi merupakan tahapan penting bagi pihaknya mendalami aduan. Ali tidak bisa memerinci isi laporannya karena bersifat rahasia.

Baca juga : Prabowo Dilaporkan ke KPK Soal Pembelian Jet Bekas Mirage 2000-5

Koalisi Masyarakat Sipil untuk Reformasi Keamanan melaporkan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini, 13 Februari 2024. Aduan berkaitan dengan dugaan rasuah dalam pembelian Pesawat Jet Mirage 2000-5.

“(Hari ini kami) melakukan pelaporan pengaduan dugaan tindak pidana korupsi dalam hal pembelian Pesawat Mirage 2000-5 sebagaimana ramai dibicarakan,” kata Ketua Perhimpunan Bantuan hukum dan Hak Asasi Manusia (PBHI) Julius Ibrani di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa, 13 Februari 2024.

Julius mengatakan laporan ini dilakukan setelah Koalisi Masyarakat Sipil untuk Reformasi Keamanan mengumpulkan sejumlah data. Informasi yang didapatkan diklaim cukup untuk membuat KPK bergerak.

Baca juga : Indonesia Butuh Pemimpin Nasional yang Bersih dari Korupsi

“Menurut kami cukup bagi pijakan KPK dalam mengusut sesuai dengan kewenangan yang dimilikinya,” ujar Julius.

Julius mengamini pihaknya belum bisa memastikan keabsahan data yang dibawanya ke KPK. Tapi, kata dia, Lembaga Antirasuah bisa melakukan penelusuran dari informasi yang diberikan dalam laporan tersebut. (MGN/Z-4)

Baca juga : KPK Didorong Usut Dugaan Korupsi Pembelian Pesawat Mirage

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat