visitaaponce.com

Komentari Debat Capres, Jokowi Saling Menyerang, Kurang Mengedukasi

Komentari Debat Capres, Jokowi : Saling Menyerang, Kurang Mengedukasi
Presiden Joko Widodo(Antara)

PRESIDEN Joko Widodo atau Jokowi turut berkomentar soal debat calon presiden (capres) yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1). Menurutnya pada debat semalam para capres justru saling menyerang. Tidak terlihat substansi dari visi yang mereka sampaikan.

"Memang saya melihat substansi dari visinya malah tidak kelihatan yang keliatan justru saling menyerang yang sebetulnya enggak apa-apa asal kebijakan, asal policy, asal visi enggak apa-apa," ujar Presiden saat memberikan keterangan di Serang, Banten, Senin (8/1).

Presiden mengatakan debat seperti itu kurang memberikan pendidikan dan edukasi bagi masyarakat, apabila sudah menyerang secara personal dan tidak ada hubungannya dengan substansi debat. 

Baca juga : Debat Capres, 125 Jenderal Beri Masukan untuk Anies Baswedan

Debat ketiga capres membahas hubungan internasional, geopolitik serta pertahanan

"Kalau sudah menyerang personal, pribadi yang tidak ada hubungan dengan konteks debat tadi malam mengenai hubungan internasional, mengenai geopolitik, mengenai pertahanan dan lain-lain, saya kira kurang memberikan pendidikan, kurang mengedukasi masyarakat yang menonton," imbuh presiden.

Menurutnya penonton kecewa dengan debat semalam. Ia juga menyarankan agar format debat dibuat lebih baik lagi.

Baca juga : Jokowi Sebut Data Pertahanan Tak Bisa Dibuka, Anies: Jangan Berlindung dalam Kerahasiaan

Saling menyerang, sambung Jokowi, tidak apa-apa tetapi dari segi kebijakan dan visi capres, bukan saling menjatuhkan yang menurutnya dengan motif personal.

"Saya kira akan banyak yang kecewa sehingga debatnya memang perlu diformat lebih baik lagi. Ada rambu-rambu sehingga hidup," ucapnya. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat