visitaaponce.com

Mengenal Profil Pelajar Pancasila, Elemen, Fungsi, dan Lirik Lagu

Mengenal Profil Pelajar Pancasila, Elemen, Fungsi, dan Lirik Lagu
Ilustrasi - Profil Pelajar Pancasila(Dok.MI)

INSTITUSI pendidikan merupakan tempat terbaik bagi semua individu untuk mengembangkan bakat, minat, dan potensi yang ada dalam diri mereka. Pendidikan menciptakan lingkungan yang memungkinkan siswa untuk memahami dan menerapkan nilai-nilai moral, seperti kejujuran, toleransi, dan kerja sama. Selain itu, pendidikan juga memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa melalui pengembangan kepribadian, keterampilan sosial, dan kemampuan berpikir kritis.

Program Pelajar Pancasila telah dirancang untuk menciptakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Pentingnya mewujudkan program Pelajar Pancasila ini berakar dari visi pendidikan Indonesia untuk mencapai Indonesia yang maju, berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila.

Profil pelajar Pancasila merupakan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memperkuat pemahaman siswa berbasis proyek guna mencapai kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan. Selain itu, dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kemendikbud Tahun 2020-2024, pelajar Pancasila diartikan sebagai pelajar Indonesia yang belajar sepanjang hayat dengan kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Baca juga: Isi Butir-butir Pancasila dan Maknanya

Dari kedua pengertian tersebut, dapat disimpulkan profil pelajar Pancasila melibatkan serangkaian kegiatan karakter yang memperkuat pemahaman siswa dalam menghadapi tantangan global dengan tetap menghormati nilai-nilai Pancasila.

Untuk mencapai hal tersebut, pendidik dan praktisi pendidikan harus mempersiapkan peserta didik dengan meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan sikap melalui pendekatan pembelajaran berbasis proyek (project-based learning). Program Pelajar Pancasila menjadi ruang dan wadah bagi semua satuan pendidikan untuk mengembangkan dan membentuk karakter siswa berdasarkan nilai-nilai Pancasila.

Baca juga: Kumpulan Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023

Enam elemen profil pelajar Pancasila yang dijelaskan dalam buku Panduan dan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (2021) meliputi:

  1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia: Mencakup aspek akhlak beragama, pribadi, terhadap manusia, alam, dan bernegara.
  2. Berkebhinekaan global: Menghargai dan berinteraksi dengan budaya lain, menjaga budaya luhur, dan memiliki kemampuan komunikasi interkultural.
  3. Bergotong royong: Mampu bekerja sama dengan suka rela melalui kolaborasi, kepedulian, dan berbagi.
  4. Mandiri: Bertanggung jawab terhadap proses dan hasil belajar melalui kesadaran diri dan situasi yang dihadapi.
  5. Bernalar kritis: Mampu memproses, menganalisis, dan mengevaluasi informasi secara objektif serta mengambil keputusan berdasarkan pemikiran yang reflektif.
  6. Kreatif: Mampu menghasilkan gagasan dan karya orisinal yang bermanfaat dan berdampak.

Fungsi 

  1. Bagi satuan pendidikan: Membuka ruang partisipasi dan keterlibatan masyarakat serta menjadi organisasi pembelajaran yang berkontribusi kepada lingkungan dan komunitas sekitar.
  2. Bagi pendidik: Memberikan ruang dan waktu bagi peserta didik untuk mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila, merencanakan pembelajaran berbasis proyek, dan berkolaborasi dengan pendidik dari mata pelajaran lain.
  3. Bagi peserta didik: Memperkuat karakter, mengembangkan kompetensi sebagai warga dunia yang aktif, merencanakan pembelajaran secara aktif dan berkelanjutan, mengembangkan keterampilan, sikap, dan pengetahuan yang diperlukan, melatih kemampuan pemecahan masalah, menunjukkan tanggung jawab dan kepedulian terhadap isu sekitar, serta menghargai proses belajar dan hasil pencapaian.

Lirik Lagu Pelajar Pancasila 

Bangun dan bukalah matamu 
Saatnya meraih mimpimu 
Arahkan pandangan ke depan 
Tuhan kan menuntunmu 

Sadarilah masa berganti 
Tantangan kan kita hadapi 
Bergandeng tangan untuk negeri 
Era kita menanti berseri 

Kita pelajar Pancasila 
Kita bernafas dalam sila-silanya 
Kita pelajar Pancasila 
Ayo kita jaga untuk Indonesia 

Bersatu dalam perbedaan 
Berpegang tangan dan berlari 
Singkirkan egomu oh kawan 
Demi negeri ini 

Jadilah generasi emas 
Cerdas berkarakter itu kita 
Berjuang dan harus berani 
Kita terus torehkan prestasi 

Kita pelajar Pancasila 
Kita bernafas dalam sila-silanya 
Kita pelajar Pancasila 
Ayo kita jaga untuk Indonesia 

Kita pelajar Pancasila 
Kita bernafas dalam sila-silanya 
Kita pelajar Pancasila 
Ayo kita jaga untuk Indonesia.

Dengan demikian, profil pelajar Pancasila berfungsi sebagai panduan bagi pendidik dalam merancang pembelajaran yang efektif dan berkelanjutan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat