visitaaponce.com

Survei Anies Nomor Kedua Terbagus Berpidato dan Blusukan

Survei: Anies Nomor Kedua Terbagus Berpidato dan Blusukan
Para peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI Denny JA), Adjie Alfaraby (kanan) dan Farhan Dailamy, memaparkan rilis survei.(MI/Adam Dwi.)

SURVEI Populi Center mencatat sejumlah akseptabilitas bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan berdasarkan kemampuan. Salah satunya dalam urusan berpidato.

"Ketika masyarakat ditanya tokoh yang dianggap paling bagus dalam berpidato jawaban teratas ialah Ganjar 35,3% disusul Anies 28%, dan Prabowo 26,6%," kata peneliti dari Populi Center Hartanto Rosojati dalam rilis survei bertajuk Masa Depan Pembangunan dan Demokrasi: Menakar Komitmen Capres 2024 di Kantor Populi Center, Jakarta Selatan, Senin, 26 Juni 2023.

Bakal capres yang dinilai responden sering blusukan Ganjar Pranowo dengan perolehan 48,8%. Anies mendapat urutan kedua dalam urusan mengunjungi warga yakni 23,4%, Prabowo memperoleh 16,1%, dan tidak tahu atau tak menjawab 11,7%.

Baca juga: Survei: Anies Baswedan Urutan Kedua Tokoh Nasional Terpopuler

Kemudian, dalam hal mampu menjaga stabilitas keamanan Prabowo mendapat 61,9% dan Ganjar 15%. Kemudian, Anies mendapat 12,3% dan tidak tahu/tak jawab 10,8%.

Dalam hal mengatasi persoalan politik luar negeri, Prabowo masih dianggap paling unggul dengan angka 49%. Ganjar memperoleh 19%; Anies 15,8%; dan tidak tahu atau tak menjawab 15,3%.

Baca juga: Gus Choi Tanggapi Ocehan Butet Kartaredjasa terkait Anies dan Prabowo

Berikutnya, urusan mampu diterima semua kalangan yakni Ganjar dengan 39,8%; Prabowo 26,8%; Anies 21,7%, dan tak tahu/tidak jawab 11,7%. Selanjutnya, dalam mewujudkan solidaritas sosial yaitu Ganjar 37,9%; Prabowo 24,3 %; Anies 21,5%; dan tak tahu/tak jawab 16,3%.

Dalam upaya memberantas korupsi yakni Prabowo memperoleh 36,3%; Ganjar Pranowo 26%; Anies 16,7%; dan responden tak tahu/jawab 21%. Hal lain yang menjadi objek survei yaitu mampu menjaga toleransi, mampu memimpin, dan menciptakan lapangan kerja, responden menganggap Ganjar di urutan pertama disusul Prabowo dan Anies.

Survei Populi Center dilakukan pada 5-12 Juni 2023. Total responden mencapai 1.200 orang yang dipilih secara acak bertingkat atau multistage random sampling.

Metode survei menggunakan wawancara tatap muka dengan menggunakan aplikasi survei Populi Center. Margin of error kurang lebih 2,83% pada tingkat kepercayaan 95%. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat