visitaaponce.com

Ketua KPK Jangan Jadikan Korupsi sebagai Budaya

Ketua KPK: Jangan Jadikan Korupsi sebagai Budaya
Ketua KPK Firli Bahuri(MI/Susanto)

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri berharap korupsi tidak lagi menjadi kebiasaan. Jangan sampai praktik rasuah dianggap normal karena sudah marak terjadi.

"Jangan ada lagi pendapat bahwa korupsi adalah sebuah budaya," tegas Ketua KPK Firli Bahuri dalam keterangan tertulis, Rabu (5/7).

Paradigma tersebut, lanjutnya, harus dihapus. Salah satunya ialah dengan membangun budaya antikorupsi. Firli mengutip trisula strategi pemberantasan korupsi. Sula pendidikan menjadi yang pertama sebelum pencegahan dan penindakan.

Baca juga: KPK Periksa Istri Rafael Alun terkait Gratifikasi dan Pencucian Uang

"Ini menjadi penanda bahwa pendidikan yang baik menjadi senjata utama dalam memberantas korupsi," jelasnya.

Sejalan dengan itu, Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Wawan Wardiana mengatakan KPK telah meluncurkan Survei Penilaian Integritas (SPI) Pendidikan 2023. Survei itu merupakan bagian dari upaya lembaga antirasuah dalam memetakan kondisi integritas pendidikan di Indonesia pada lingkup peserta didik maupun ekosistem pendidikan.

Baca juga: KPK Perpanjang Penahanan Rafael Alun, Ayah Mario Dandy

SPI Pendidikan 2023 dilaksanakan secara masif pada 3.537 sekolah dan kampus dengan metode survei online, dengan target sekitar 71.514 responden.

"SPI didasari pada kondisi aktual integritas pendidikan antikorupsi di Indonesia. Di antaranya, masih adanya perilaku koruptif pada sektor pendidikan," tutur Wawan. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat