visitaaponce.com

Jokowi PNG Mitra Strategis Indonesia di Pasifik

Jokowi: PNG Mitra Strategis Indonesia di Pasifik
Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Papua Nugini James Marape(ANDREW KUTAN / AFP)

PRESIDEN Joko Widodo mengatakan Indonesia berkomitmen meningkatkan kerja sama dengan negara-negara Pasifik termasuk Papua Nugini (PNG). Presiden menuturkan bahwa PNG adalah tetangga dekat, sekaligus mitra strategis Indonesia. Oleh karena itu, kedua negara telah menyusun road map (peta jalan) kerja sama pembangunan untuk lima tahun mendatang. Hal itu disampaikan presiden saat memberikan keterangan pers bersama Perdana Menteri PNG James Marape, di APEC Haus, PNG, Rabu (5/7)

“Sejak kunjungan yang mulia tahun lalu banyak kemajuan telah dicapai, penandatanganan, ratifikasi Memorandum of Understanding (MoU)/perjanjian kesepahaman, serta pembukaan aktivitas di perbatasan,” ujar Jokowi seperti dikutip dari laman YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (5/7).

Kedua negara, imbuh Jokowi, sepakat meningkatkan kerja sama ekonomi melalui perdagangan. Presiden menyebut perdagangan Indonesia-PNG meningkat tajam pada 2022 mencapai US$307 juta.

Baca juga: Kunjungan ke Papua Nugini, Jokowi Diterima di APEC House

“Ini perlu terus ditingkatkan dengan mendorong kelanjutan pembahasan BTA (business trade agreement), pembentukan business council dan kunjungan misi dagang dan investasi,” terang presiden.

Indonesia juga berpartisipasi melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam pembangunan jalan raya di PNG sebagai bagian dari konektivitas kedua negara. Jokowi menyambut baik pembukaan rute pelayaran PNG Express dan penebangan Citilink Denpasar- Port Moresby serta ratifikasi basic agreement of border arrangement dan pembukaan kembali pos lintas Skouw-Wutung.

Baca juga: Jokowi bertolak ke Papua Nugini untuk Temui Perdana Menteri James Marape

Terkait kerja sama Indo-Pasifik, presiden menyampaikan komitmen untuk meningkatkan engagement Indonesia dan ASEAN dengan Pasifik, termasuk mengundang wakil Pasifik di East Asia Summit dan penyelenggaraan ASEAN- Indo-Pacific Forum.

Indonesia dan PNG adalah dua negara besar dari global south, sehingga menurutnya sudah waktunya negara-negara ini saling mendukung untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk dalam pengelolaan sumber daya alam.

Indonesia, terang Jokowi, akan segera memulai renovasi fasilitas rumah sakit di Port Moresby, pembangunan posko damkar, pengelolaan sampah di Vanimo, serta pembangunan sekolah di Wutung dan peningkatan beasiswa pelajar PNG. (Ind/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat