visitaaponce.com

Wacana Poros Koalisi Baru Golkar Terus Mencuat

Wacana Poros Koalisi Baru Golkar Terus Mencuat
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (kanan)(MI / M Irfan)

ANGGOTA Fraksi PKB Luqman Hakim mengatakan belum ada keputusan baru dari pertemuan antara PKB dan Partai Gerindra beberapa waktu lalu. Pertemuan itu masih dengan keputusan yang sama menduetkan Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar dalam Pemilu 2024.

"Belum ada keputusan baru. Masih sama dan Cak Imin masih dipingit," ujarnya, Selasa (11/7).

Menurutnya situasi koalisi masih bisa berubah bahkan sampai pada waktu pendaftaran pasangan capres dan cawapres Oktober mendatang. Hal ini sekaligus menjawab kemungkinan skenario untuk Partai Golkar membuat poros baru dengan PKB.

Baca juga : Golkar Kembali Dilanda Isu Keretakan, Pengamat : Ada Mosi tidak Percaya ke Airlangga

"Bisa saja karena memang perbincangan dengan golkar sudah jauh lebih konkret," ucapnya.

Baca juga : Bamsoet Senada dengan Airlangga Tak Bakal Ada Munaslub

Luqman yang ditemui di gedung DPR menuturkan semua partai koalisi pemerintahan masih menunggu instruksi dari Presiden Joko Widodo.

Sementara itu anggota fraksi Partai Golkar Ace Hasan Syadzily menerangkan pintu dibukanya poros baru untuk menyelamatkan partai pemenang kedua tersebut sudah diusulkan oleh dewan pakar Golkar.

"Bisa jadi akan dilakukan karena kita tahu bahwa hingga saat ini belum ada poros yang sudah fix dan golkar sebagai partai pemenang kedua tentu memiliki potensi juga untuk membuat poros tersendiri," terangnya.

Di sisi lain Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menjawab kemungkinan duet Golkar dan PAN membentuk poros baru. Dari sisi persyaratan kedua partai ini sangat mungkin membentuk poros keempat.

"PAN membuka lebar dengan tangan terbuka dan merasa senang jika dapat bekerjasama dengan Golkar. PAN berharap serius agar dapat seiring sejalan, berjuang bersama dengan Golkar di pilpres 2024," ungkapnya.

Golkar dan PAN dapat membentuk poros tengah Baru dan memenuhi syarat presidential threshold untuk menjadi paslon di pilpres 2024. Poros tengah baru dapat dikatakan sebagai jalan alternatif untuk memecah kebekuan politik yang masih berlangsung sampai saat ini.

"Meskipun begitu, pintu KPU akan dibuka tanggal 19 Oktober 2023. Masih ada waktu untuk mematangkan rencana komitmen politik dan koalisi permanen menuju pilpres 2024," tandasnya. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat