visitaaponce.com

Jokowi Dinilai Tegaskan Sikap Politik saat Tanyakan Cawapres Anies ke Surya Paloh

Jokowi Dinilai Tegaskan Sikap Politik saat Tanyakan Cawapres Anies ke Surya Paloh
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh bertemu dengan Presiden Jokowi(Dok. Ist )

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan sempat menanyakan cawapres Anies Baswedan ke Ketum NasDem Surya Paloh. Peneliti politik senior dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Firman Noor menilai ungkapan Jokowi tersebut merupakan bentuk penegasan Jokowi bahwa dirinya dan Surya Paloh telah berbeda sikap politik.

"Hal tersebut tentunya memastikan perbedaan diantara mereka, makanya pertanyaanya kan langsung konkret, siapa wapresnya," ujar Firman.

"Tapi ini juga akan bisa ditafsirkan masih ada harapan kalau bisa wapresnya jangan terlalu jauhlah dari ekspektasi Jokowi," imbuhnya.

Baca juga: Tanya Cawapres ke Surya Paloh, Jokowi Dinilai Patahkan Kesan Memusuhi Anies

Kendati demikian, Firman menilai dari pertemuan tersebut juga bisa dilihat meskipun keduanya memiliki perbedaan sikap politik di Pilpres 2024, namun tidak kemudian memisahkan komunikasi antara kedua tokoh politik itu.

"Kedua saya kira, ini hal yang bisa dibilang baik, karenakan sebelum-sebelumnya (mereka) sempat tegang tuh, misalnya ada kritik keras dari pak Surya Paloh soal revolusi mental," sebut Firman.

Baca juga: Presiden Sempat Tanyakan Bakal Cawapres Anies

"Mungkin atas dasar itu dia (Jokowi) merasa ya ini harus agak diredam lah gitu. Biar nanti gak terlalu panas, karena Jokowi juga sadar ya bahwa pak Surya Paloh inikan punya kekuatan membangun publik opinion yang luar biasa. Sehingga dia khawatir gak akan softlanding (di akhir masa jabatan) kalau konfliknya makin keras," tukasnya. (Rif/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat