visitaaponce.com

Kebocoran Data Pribadi Melebihi Jumlah Penduduk Indonesia Sebanyak 277 Juta Jiwa

Kebocoran Data Pribadi Melebihi Jumlah Penduduk Indonesia Sebanyak 277 Juta Jiwa
Menkominfo Budi Arie Setiadi heran jumlah kebocoran data pribadi lebih banyak dari jumlah penduduk Indonesia(MG Press)

MENTERI Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi heran terkait jumlah dugaan bocornya data pribadi sebanyak 337 juta. Sebab, penduduk Indonesia hanya sekitar 277 juta jiwa.

“NIK (nomor induk kependudukan) kok bocor 330 jutaan? Masa lebih banyak NIK yang bocor dari jumlah penduduk?” kata Budi di Gedung Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis (20/7).

Budi mengatakan NIK dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Meski begitu, instansi-instansi kerap meminta data pribadi saat masyarakat hendak mendaftar.

Baca juga: Data Pribadi Bocor Lagi, Legislator Pertanyakan Peran Pemerintah

"Data pribadi banyak di instansi, bocornya dari mana? Memang ada hantunya kita? Itu angka dari mana saya juga tidak mengerti,” ujar dia.

Sementara itu, Budi memberi imbauan bagi instansi di berbagai sektor. Mulai dari kesehatan, pendidikan, hingga perbankan.

Baca juga: Perlindungan Data Pribadi untuk Pemilu, Perludem: KPU-Bawaslu Perlu Bersinergi

“Kami minta ke seluruh instansi atau lembaga yang mengumpulkan data pribadi untuk menjaga dan membangun sistem agar tidak terjadi kebocoran,” ucap dia.

Kabar kebocoran 337 juta data ini pertama kali diungkapkan pengguna Twitter, @DailyDarkWeb, pada Sabtu (15/7) lalu.

Akun itu menyebutkan lebih dari 337 juta baris data kependudukan yang dikelola oleh Ditjen Dukcapil Kemendagri dijual di forum peretas. Data-data itu berisi berbagai informasi pribadi, seperti nomor induk kependudukan (NIK), tempat tanggal lahir, agama, status kawin, akta cerai, nama ibu, pekerjaan, hingga nomor paspor. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat