visitaaponce.com

20 Orang Ditangkap Polisi di Vietnam Terkait Pencurian Akun Facebook

20 Orang Ditangkap Polisi di Vietnam Terkait Pencurian Akun Facebook
Ilustrasi - Polisi di Vietnam menangkap 20 tersangka yang diduga terlibat dalam pencurian dan pengambilalihan puluhan ribu akun Facebook(Freepik)

POLISI di Vietnam telah menangkap 20 orang karena mencuri dan mengambil alih puluhan ribu akun Facebook baik di dalam negeri maupun internasional, kata media negara.  Di mana total keuntungan hampir US$4 juta.

Kelompok ini dituduh memproduksi dan menyebarkan malware untuk mengambil alih lebih dari 25.000 akun bisnis bernilai tinggi, menurut VNExpress.

Polisi keamanan cyber melakukan penangkapan selama beberapa razia di sejumlah lokasi di Hanoi, pusat bisnis Kota Ho Chi Minh, dan provinsi Nam Dinh utara pada bulan April.

Baca juga : Norwegia Ancam Denda Meta Rp1,5 Miliar Per Hari Terkait Penggunaan Data Pribadi

Kelompok ini diyakini dipimpin Dang Dinh Son, 31, yang telah membeli sumber malware seharga US$1.200 untuk mencuri informasi akun pengguna Facebook.

Pria tersebut dari provinsi Nam Dinh menggunakan malware ini untuk mengambil alih dua halaman penggemar Facebook populer terkait dua situs pengeditan foto - "Art Bay AI" dan "Evoto Studio", kata media negara.

Mereka kemudian menarik pengguna Facebook untuk mengunduh dan menginstal aplikasi yang malware-nya akan menyusup ke perangkat pengguna.

Baca juga : Facebook: Kebocoran Data Pengguna Telah Diperbaiki

Data curian dikumpulkan dan ditransmisikan kembali ke server yang dikendalikan oleh Son. Data itu kemudian didistribusikan ke lima grup di Telegram untuk memungkinkan anggota timnya mengambil alih akun pengguna.

Akun Facebook bernilai tinggi tersebut dijual untuk mendapatkan keuntungan oleh geng tersebut. Akun lain yang bernilai lebih rendah digunakan untuk menjalankan iklan penjualan pakaian dan barang lainnya di platform e-commerce.

Para terdakwa dilaporkan memperoleh US$3,8 juta.

Hingga bulan April, Vietnam menempati peringkat ke-7 di dunia dalam hal jumlah total pengguna Facebook - 75,3 juta - menurut Statista. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat