visitaaponce.com

KPK Pertimbangkan Panggil Menpora Dito untuk Klarifikasi LHKPN

KPK Pertimbangkan Panggil Menpora Dito untuk Klarifikasi LHKPN
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo.(MI/Moh Irfan)

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) mempertimbangkan memanggil Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo untuk mengklarifikasi laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) miliknya. Dia mencatatkan aset hadiah sebesar Rp162 miliar dalam laporannya.

"Saya diskusikan dulu dengan tim ya," kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan melalui keterangan tertulis, Kamis, (20/7).

Total kekayaan Dito diketahui mencapai Rp282,26 miliar. Dalam data yang dikirimkannya, tercatat ada hadiah berupa empat rumah dan satu mobil senilai Rp162 miliar.

Baca juga: Kasus BTS, Kejagung: Pengembalian Rp27 Miliar Berstatus Tipikor

Pahala menjelaskan kepemilikan aset berupa hadiah itu sah dimasukkan dalam LHKPN. Sebab, kata dia, KPK tidak mewajibkan penyertaan dokumen dalam pengisian.

"Kan di isiannya nomor sertifikat dan lain-lain tapi enggak perlu dilampirkan (bukti pendukung) waktu lapor," ucpa Pahala.

Menurutnya, pendalaman aset bisa dilakukan dengan klarifikasi ke pejabat terkait. Jika dipanggil, Dito bakal diminta memberikan bukti pendukung.

Baca juga: Kejagung Buka Peluang Panggil Lagi Menpora Dito Ariotedjo Terkait Korupsi BTS

Terpisah, Dito sudah mengklarifikasi data hadiah dalam LHKPN-nya. Menurutnya, mobil dan rumah itu berasal dari orang tuanya.

"Dari lima aset tanah, empat diantaranya adalah pemberian dari orang tua, jadi memang posisinya hadiah, namun kita juga lagi tanya ke pihak hukum, karena kemarin pas kita mau input, kalau hibah itu harus ada aktanya kan, karena aset ini langsung diberikan orang tua untuk istri saya, makanya kami tulisnya sebagai hadiah," ujar Dito.

Dito memasukkan aset itu sebagai hadiah demi menunaikan kewajibannya sebagai penyelenggara negara. Dia mengaku siap jika diminta merevisi data yang sudah diinputnya.

"Prinsipnya agak bingung di hadiah atau hibah, tapi kita kemarin paling aman tulisnya hadiah karena memang pemberian dari orang tua dan kita berusaha jujur dalam menginput LHKPN," kata Dito.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat