visitaaponce.com

Miliki Basis Pemilih Solid, Erick Thohir Kompeten Sebagai Cawapres

Miliki Basis Pemilih Solid, Erick Thohir Kompeten Sebagai Cawapres
Menteri BUMN Erick Thohir(MI/Susanto)

BASIS pemilih Menteri BUMN Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024 semakin solid. Erick Thohir menjadi cawapres kompeten dipasangkan dengan figur calon presiden dengan tingkat elektabilitas kuat.

Pengamat Politik Universitas Airlangga Suko Widodo menilai, Erick Thohir menjadi sosok yang banyak disukai untuk maju sebagai cawapres. Hal tersebut semakin dapat dorongan kuat lantaran miliki basis pemilih yang solid.

"Kalau bicara soal pemilih nantinya, Pak Erick Thohir sudah mendapatkan pemilih dari kalangan muda," kata Suko.

Baca juga : Kedekatan dengan Ulama Jadi Keunggulan Prabowo di Pilpres 2024

Karakteristik terbuka Erick Thohir, tambah dia, semakin membuatnya menjadi cawapres pilihan. Sehingga tidak mengherankan bila tren elektabilitasnya konsisten tumbuh positif.

Temuan survei Indikator Politik Indonesia (IPI) periode 20-24 Juni 2023 menyebutkan, sosok Erick Thohir sukses menjadi yang terkuat dengan tingkat elektabilitas paling atas. Angka elektabilitas Erick Thohir sebesar 22,9 persen.

Baca juga : Dekat dengan NU dan Muhammadiyah, Erick Punya Modal Kuat Jadi Cawapres

Tren elektabilitas Erick Thohir tersebut konsisten menguat sejak beberapa bulan ke belakangan. IPI mencatat, elektabilitas Ketua Umum PSSI ini konsisten naik mulai dari Maret 11,3 persen baru April dengan 17,3 persen.

Tingginya raihan elektabilitas Erick Thohir tersebut, lanjut dia, kian membuatnya menjadi figur cawapres idaman. Imbas dari itu semakin membuka keterusungan Erick Thohir mendapat pinangan sosok capres unggulan pada Pilpres mendatang.

"Secara profesional, Erick Thohir ini kalau dipasangkan dengan Capres ini laris, artinya ia bisa dengan siapapun ya," kata Suko. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat