visitaaponce.com

Rangkaian HUT Kemerdekaan RI ke-78 Diawali dari Monas. Ini Detail Acaranya

Rangkaian HUT Kemerdekaan RI ke-78 Diawali dari Monas. Ini Detail Acaranya
Logo HUT RI ke-78(Dok Setneg)

ISTANA Kepresidenan menggelar gladi kotor persiapan HUT Kemerdekaan RI. Berikut ini alur rangkaian acara HUT RI ke-78 pada Kamis, 17 Agustus 2023 nanti.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan rangkaian acara itu akan dimulai di Monumen Nasional (Monas), tempat Sang Saka Merah Putih disimpan.

Bendera itu kemudian akan dibawa ke Istana Kepresidenan. Istana, terang Bey, ingin agar masyarakat turut terlibat dalam arak-arakan.

Baca juga : Lengkap, Link Download Logo HUT RI ke-78 Cek Di Sini

"Di sana (Monas) juga melibatkan masyarakat jadi masyarakat boleh hadir di Monas dari mulai pukul 08.10 WIB sementara di Istana acara (perayaan HUT RI) akan dimulai pukul 7.25 WIB," terang Bey seusai gladi kotor di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (13/8).

Acara Perayaan HUT ke-78 RI itu, ujarnya, akan dimulai dengan agenda kesenian-kesenian. Pada Senin (15/8), gladi kotor masih akan berlangsung. Adapun Upacara Peringatan HUT ke-78 RI akan digelar Kamis (17/8), di Istana Merdeka, Jakarta.

Bey menjelaskan akan ada hiburan musik yang ditampilkan seusai upacara kemerdekaan. Masyarakat, ujarnya, bisa menikmati di sekitar Monas.

Baca juga : Logo HUT Ke-78 Kemerdekaan RI, Arti, Tema dan Pedoman Upacara

"Akan lebih banyak masyarakat dilibatkan terutama di Monas, ada beberapa musik yang mengajak kita bergembira saya rasa ini akan menarik sekali, dan juga demo (atraksi) udara akan lebih panjang dan lebih bervariasi dari (gladi kotor) hari ini," tuturnya.

Di beberapa titik, terang dia, Sekretariat Presiden juga menyediakan videotron sehingga masyarakat bisa turut menikmati. Selain itu ada pula live streaming atau tayangan langsung peringatan HUT ke-78 RI.

"Nanti ada semacam video confrence dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) karna di IKN juga ada upacara peringatan 17 Agustus di hari yang sama," terang Bey.

Baca juga : Ini Nama 18 Tokoh yang Mendapat Tanda Kehormatan dari Presiden Jokowi

Adapun pemimpin upacara perayaan hari Kemerdekaan di IKN ialah Kepala Otorita IKN Bambang Susantono. Sedangkan upacara yang akan berlangsung di Istana Kepresidenan, akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. Menurut Bey secara keseluruhan persiapannya sudah cukup baik, tetapi detail-detailnya harus diperhatikan.

"Kita ingin yang sempurna, jadi masyarakat yang menonton baik yang langsung ataupun tidak langsung akan senang dan tertarik, jadi walaupun yang di rumah tetapi kita ingin yang nonton merasakan keceriaan, " tuturnya. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat