visitaaponce.com

Link Download Logo HUT ke-79 RI Lengkap Beserta Tema dan Maknanya

Link Download Logo HUT ke-79 RI Lengkap Beserta Tema dan Maknanya
Logo utama HUT ke-79 RI(Setneg)

PEMERINTAH telah meluncurkan logo dan tema hari ulang tahun (HUT) ke-79 kemerdekaan RI. 

Tahun ini, HUT ke-79 RI mengusung tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju". Tema itu dipilih untuk memperingati kemerdekaan Indonesia bersamaan dengan penyambutan Ibu Kota Nusantara (IKN), tahun perpindahan kepemimpinan presiden, dan menuju Indonesia Emas 2045.

Logo HUT ke-79 RI

Dikutip dari Pedoman Identitas Visual HUT ke-79 Kemerdekaan RI yang dirilis Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), gambaran besar identitas visual HUT ke-79 Kemerdekaan RI, yaitu Indonesia membutuhkan semangat baru yang besar dengan persatuan dan kesetaraan untuk mencapai segala tujuan. Dalam perjuangan yang baru ini, negara tetap berprinsip pada nilai-nilai luhur dengan memperhatikan kodrat alam dan budaya. Hal itu sesuai tema besar 'Nusantara Baru, Indonesia Maju'. 

Link download Logo HUT ke-79 Kemerdekaan RI

Logo HUT ke-79 Kemerdekaan RI JPEG

Logo HUT ke-79 Kemerdekaan RI PNG

Logo HUT ke-79 Kemerdekaan RI PDF

Logo HUT ke-79 Kemerdekaan RI Vektor

 

Konsep visual logo

  • Angka 79 dibentuk dari beberapa bagian yang merupakan satu kesatuan dan berkaitan, menggambarkan Indonesia sebagai negara kepulauan.
  • Angka 7 logo tersebut dinilai menyerupai paruh Garuda yang merupakan lambang negara.
  • Angka 7 yang menyerupai panah ke kanan atas merupakan simbol harapan Indonesia untuk meningkatkan investasi dan ekspor untuk memenuhi misi Indonesia dalam menggerakkan roda ekonomi.
  • Arah lengkungan dari segala arah yang saling terhubung satu sama lain menandakan prinsip pembangunan negara yang berkelanjutan.
  • Bentuk dahan dan daun dari angka 9 yang merupakan prinsip pembangunan negara berlandaskan ekonomi hijau, bersinergi dengan alam, dan selalu memperhatikan akar budaya dan identitas.
  • Kaki angka 7 dan 9 terbuat dari bentuk yang sama yakni membentuk dua tangan yang menyatu sebagai simbol persatuan masyarakat Indonesia walaupun memiliki pendapat yang berbeda-beda.
  • Dua gelombang dengan arah yang sama di atas angka 7 dan di bawah angka 9 yang merepresentasikan tujuan Indonesia untuk pemerataan pembangunan demi mencapai kesetaraan.

Baca juga : Istana Luncurkan Logo dan Tema HUT Ke-79 RI: Nusantara Baru, Indonesia Maju

Karakter visual logo HUT ke-79 RI

1. Luwes dan adaptif

Luwes dalam konteks visual bersifat adaptif yang berarti dapat mengikuti lingkungan sekitar dan menyerupai likuid. Hal ini mencerminkan pembangunan Indonesia yang beradaptasi dengan alam dan mempertahankan sumber daya yang ada. 


2. Berkaitan

Sifat persatuan dan gotong royong menjadi latar belakang adanya elemen visual yang digambarkan berkaitan dan saling mengisi satu sama lain. Indonesia terdiri dari berbagai adat yang berbeda. Namun hal tersebut tidak menyurutkan sifat persatuan, melainkan semakin mengisi kekosongan, dan saling melengkapi satu dengan yang lain. 

3. Kokoh dan seimbang

Walaupun bersifat adaptif, negara tetap memiliki pondasi yang kokoh dan pertahanan yang kuat. Diperlukan adanya keseimbangan antara segala bidang dalam kabinet untuk menjalankan visi dan misi Indonesia di masa depan. (P-5)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat