visitaaponce.com

Respons Fitnah dengan Senyuman dan Joget, Bukti Kedewasaan Prabowo dalam Berpolitik

Respons Fitnah dengan Senyuman dan Joget, Bukti Kedewasaan Prabowo dalam Berpolitik
Bakal calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto (kanan).(MI/Usman Iskandar )

CALON presiden (capres) Prabowo Subianto mengklarifikasi soal tudingan terhadap dirinya yang menampar dan mencekik Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi. Prabowo justru merespon isu tersebut dengan senyuman dan tawa khasnya.

Prabowo mengaku belum pernah bertemu dengan sosok Harvick. Meskipun sama ada di Kabinet Indonesia Maju namun Prabowo belum pernah berinteraksi dengan Wamentan tersebut.

"Saya ketemu aja belum sama wamennya itu selalu menterinya saya (ketemu). Nggak pernah (wamennya), ha-ha-ha," kata Prabowo kepada awak media saat mendampingi Presiden Joko Widodo di PT Pindad Bandung, Selasa (19/9).

Baca juga: Jokowi: Prabowo sudah Lebih Sabar

Respons santai seperti itu bukan sesuatu yang baru bagi sosok Prabowo. Hal serupa sudah dilakukan sejak Prabowo mencalonkan diri di Pilpres 2019 yang lalu. Kala itu Prabowo mengajak para pendukungnya untuk tidak terpengaruh dengan isu-isu SARA dan mengajaknya untuk berjoget.

Sikap Prabowo yang seperti itu dinilai oleh pakar politik Universitas Indonesia, Ade Reza Hariyadi sebagai bentuk kedewasaan dalam berpolitik. Meskipun sebenarnya bisa diselesaikan secara hukum, namun Prabowo lebih memilih santai dan tertawa mendengar fitnah tersebut.

Baca juga: AHY Pimpin Deklarasi Capres yang Diusung Demokrat

"Itu menunjukan sikap Prabowo yang memiliki kedewasaan dalam merespons situasi-situasi yang semestinya bisa dimanfaatkan untuk mengambil langkah-langkah hukum ya," ujar Ade saat dihubungi, Selasa (19/9).

Ade menilai, sikap yang ditunjukan Prabowo dalam merespon isu tersebut membuat pandangan masyarakat berubah terhadapnya. Prabowo yang dalam fitnah tersebut dicap sebagai sosok temperamental, dan premanisme nyatanya tidak demikian.

Karena pada kenyataannya, Prabowo justru sangat santai dan dewasa dalam menyikapi tudingan tersebut. Pernyataan Prabowo di Pindad menjadi fakta baru terkait karakteristik kepemimpinannya yang santai selama ini.

"Toh ternyata beliau justru memberikan tanggapan yang asik-asik aja ya, tidak reaktif, tidak emosional, padahal bisa saja Pak Prabowo menyelesaikan dengan jalur hukum," pungkasnya. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat