visitaaponce.com

Novel Baswedan Yakin SYL Bisa Jadi Justice Collaborator

Novel Baswedan Yakin SYL Bisa Jadi Justice Collaborator
Kader Partai NasDem yang juga Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (tengah)(MI / Susanto)

MANTAN penyidik senior KPK Novel Baswedan mengatakan sikap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang terseret kasus dugaan korupsi di Kementan yang berani mengungkap dugaan praktik pemerasan oleh pejabat KPK harus diapresiasi. Bahkan tindakan Syahrul harus bisa menjadi komposisi atau syarat menjadi justice collaborator (JC)

"Sekarang ini siapa yang berani lapor dan menyampaikan dengan jelas dan ketika dia berani melaporkan keterangan dengan apa adanya itu harus diapresiasi itu bisa jadi bagian (JC)," ujarnya, Jumat (6/10).

Keterangan yang disampaikan atas adanya praktik tersebut bisa menjadi kasus atau skandal korupsi terbesar bagi KPK dari yang pernah terjadi selama ini.

"Dengan kondisi ini walau masa jabatan mereka diperpanjang tapi ini momentum yang tepat untuk presiden mengambil tindakan dalam upaya darurat untuk membenahi KPK,” ujarnya. 

Dalam kondisi pimpinan dan Dewan Pengawas KPK seperti itu, maka KPK sangat bisa digunakan untuk kepentingan politik.

"Dengan perilaku yang begini dia sangat mudah untuk disetir kepentingan atau menjadi penyetir," cetusnya.

Novel mengungkapkan KPK sudah berkali-kali tercoreng. Dugaan pemerasan yang kali ini terjadi diyakini sebagai tindakan berulang dan bertahap. Padahal di KPK seseorang di KPK apalagi pimpinan bertemu muka dengan pihak yang terbelit kasus korupsi sudah terancam pidana.

"Jadi bukan lagi masalah etik tapi sudah pidana. Dan semua yang bekerja di KPK pasti paham itu," tukasnya. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat