visitaaponce.com

Novel Baswedan Pengunduran Diri Firli Bahuri Pola Jahat untuk Hindari Pengusutan Etik

Novel Baswedan: Pengunduran Diri Firli Bahuri Pola Jahat untuk Hindari Pengusutan Etik
Mantan Penyidik Senior KPK Novel Baswedan (kiri).(Antara)

SIKAP Ketua nonaktif Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri yang mengundurkan diri dari jabatannya di tengah persidangan etik disayangkan mantan penyidik KPK Novel Baswedan. Cara keluar dari Lembaga Antirasuah itu dinilai sebagai pola jahat untuk menghindari pengusutan pelanggaran etik.

“Modus ini (pengunduran diri saat persidangan etik) harusnya tidak boleh terulang, karena akan jadi pola jahat, cara ini akan membuat pelanggaran etik tidak diungkap dengan tuntas,” kata Novel Baswedan melalui keterangan tertulis, Jumat, 22 Desember 2023.

Novel mengatakan pola mengundurkan diri itu bakal membuat pendalaman pihak-pihak lain yang terseret dalam dugaan pelanggaran etik Firli tidak terungkap. Dewas diminta segera merampungkan peradilan instansi yang menjerat komisioner berlatar belakang Polri itu.

Baca juga: Polisi Diminta Tahan Firli Bahuri Usai Mengundurkan Diri dari Jabatan Ketua KPK

Dewas KPK dinilai masih bisa menyelesaikan persidangan etik Firli. Para pengadil diharap bergerak cepat sebelum pengunduran diri ketua nonaktif Lembaga Antirasuah itu disetujui Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Mestinya Dewas prosesnya tidak lama, hanya beberapa hari saja,” ujar Novel.

Firli Bahuri mengundurkan diri dari jabatannya. Kemauan itu diklaim sudah dipaparkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Baca juga: Firli Bahuri Ajukan Romli, Yusril Ihza, dan Suparji Ahmad Sebagai Saksi Meringankan

“Saya mengakhiri tugas saya sebagai ketua KPK, dan saya menyatakan berhenti dan saya juga menyatakan tidak berkeinginan memperpanjang masa jabatan saya,” kata Firli di Gedung Dewas KPK, Jakarta Selatan, Kamis, 21 Desember 2023.

Firli turutan menyambangi Dewas untuk mengabarkan pengunduran diri tersebut. Dia bertemu dengan Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean.

Namun, Firli tidak memerinci isi pembicaraannya dengan Tumpak. Tapi, dia sengaja datang setelah persidangan etik kelar.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat