visitaaponce.com

Harga Gas Elpiji 3 Kg di Palu Tembus Rp40 Ribu per Tabung

Harga Gas Elpiji 3 Kg di Palu Tembus Rp40 Ribu per Tabung
Tabung gas 3 kilogram.(Antara)

HARGA gas elpiji ukuran 3 kilogram di Palu, Sulawesi Tengah, tembus Rp40 ribu per tabung. Pemerintah diminta turun tangan.

Salah satu warga Palu, Marlina Sari mengatakan, hampir semua pengecer yang ada di Kecamatan Tatanga dan Palu Barat menjual elpiji 3 kg Rp40 ribu per tabung.

Padahal harga pengambilan mereka di agen hanya Rp20 ribu per tabung sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) pemerintah.

"Pengecer itu memanfaatkan kekosongan stok di agen, makanya mereka menjual sampai Rp40 ribu, bahkan ada beberapa agen sudah menjual sampai Rp45 ribu per tabung," terangnya saat ditemui Media Indonesia di Kelurahan Balaroa, Kecamatan Palu Barat, Minggu (8/10).

Menurut Marlina, pemerintah harus turun tangan menindaki pengecer-pengecer yang sudah mengambil untung berlebihan seperti itu.

"Perlu dirazia pengecer-pengecer itu, sudah mereka semua yang borong gas di agen terus dijual kembali dengan harga tinggi ke warga," imbuhnya.

Warga Palu lainnya, Bayu Putra menjelaskan, tidak hanya pengecer, agen-agen gas elpiji 3 kg yang nakal juga perlu ditindak oleh pemerintah.

"Banyak juga agen yang nakal sengaja jual gas elpiji 3 kg itu ke pengecer dengan harga Rp25 ribu sampai Rp30 ribu per tabung biar data untung lebih," ungkapnya ditemui terpisah.

Bayu menjelaskan, jika di tingkat agen tidak mempermainkan harga, pengecer pasti tidak ikut-ikutan.

"Jadi kalau menurut saya, agen dan pengecer itu yang harus ditindak karena jelas sudah melanggar hukum. Gas elpiji 3 kg itu kan subsidi dan sudah ada HET-nya, harusnya tidak dipermainkan lagi harganya," pungkasnya.

Pantauan di beberapa titik pengecer yang ada di wilayah Kecamatan Tantangan dan Palu Barat hampir rata mereka menjual gas elpiji 3 kg Rp40 ribu per kg.

Salah satu pengecer, Rian Akbar bahkan mengakui kalau gas elpiji 3 kg yang dijualnya dibeli dari salah satu agen.

"Saya ambil langsung di agen. Karena sudah langganan saya dikasih harga Rp30 ribu. Biar ada untung saya jual Rp40 ribu per tabung," imbuhnya.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat