visitaaponce.com

KPU Bakal Periksa Ulang Kesehatan Cak Imin

KPU Bakal Periksa Ulang Kesehatan Cak Imin
Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan.(MI)

KETUA Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari menegaskan pihaknya bakal memeriksa kesehatan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Pemeriksaan itu tetap dilakukan meskipun Cak Imin sudah tes kesehatan di Rumah Sakit (RS) Fatmawati, Jakarta Selatan, Jumat (13/10).

Menurut Hasyim, surat keterangan sehat jasmani dan rohani memang menjadi salah satu dokumen persyaratan pendaftaran pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden untuk Pemilu 2024. Dokumen itu harus disertakan saat masa pendaftaran pasangan calon, yakni 19-25 Oktober 2024.

"Nanti ketika datang ke KPU didaftarkan oleh partai politik, ya membawa surat keterangan sehat tersebut," ujar Hasyim di Jakarta.

Baca juga: Enam Hari Jelang Pendaftaran Capres, KPU Belum Terima Surat Pemberitahuan dari Parpol

Kendati demikian, Hasyim menjelaskan pihaknya tetap bakal melakukan pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani para calon setelah mendaftar ke Kantor KPU RI, Jakarta. KPU, Hasyim melanjutkan, bakal memfasilitasi tes kesehatan tersebut di rumah sakit pemerintah. Berdasarkan informasi yang diperoleh, pemeriksaan kesehatan itu bakal dilaksanakan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto.

"Nanti setelah mendaftar, KPU memfasilitasi pemeriksaan kesehatan lagi," tandas Hasyim.

Baca juga: Jelang Pendaftaran Capres-Cawapres, SKI Daerah Turut Beri Dukungan

Diketahui, masa pendaftaran bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden tinggal berjarak enam hari lagi. KPU RI membuka pendaftaran tersebut sejak pukul 08.00 sampai 16.00 WIB pada 19-24 Oktober 2023. Sementara pada hari terakhir, yakni 25 Oktober 2023, KPU RI membuka pendaftaran pada pukul 08.00 sampai 23.59 WIB.

Anies dan Cak Imin yang dikenal dengan akronim Amin menjadi satu-satunya bakal pasangan capres dan cawapres yang sudah dideklarasikan oleh Partai NasDem, PKB, dan PKS. Dua kandidat capres lainnya, yakni Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto belum memiliki pendamping cawapres sampai hari ini.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat