visitaaponce.com

Jelang Pendaftaran Capres-Cawapres, SKI Daerah Turut Beri Dukungan

Jelang Pendaftaran Capres-Cawapres, SKI Daerah Turut Beri Dukungan
Pasangan capres dan cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) saat kunjungan ke Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (9/9).(Antara/Moh.Asim)

SEKRETARIAT Kolaborasi Indonesia (SKI) melakukan persiapan untuk mengantar pasangan kandidat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar saat pendaftaran capres dan cawapres di KPU pada 19 Oktober 2023 mendatang.

Ketua Majelis Nasional SKI Dr. Untoro Hariadi mengatakan pendaftaran capres dan cawapres di KPU pada 19 Oktober mendatang merupakan momen penting.

“Kita memberi support dan tidak hanya di Jakarta, tapi juga di seluruh daerah. Agar semua ikut memberikan dukungan supaya persiapan itu sejak awal sudah dilakukan,” kata Untoro dalam keterangan pers, Jumat (13/10).

Baca juga:  Bukan Sekadar Raih Posisi, Anies Baswedan Ingin Jadikan Indonesia Lebih Adil

Untoro mengatakan persiapan yang dilakukan SKI di berbagai daerah tengah berlangsung,

“Setiap daerah sedang berkoordinasi dan memunculkan banyak ide. Sehingga nanti akan ada sesuatu dari masing-masing daerah, apakah mengeluarkan kesenian atau lainnya. yang jelas SKI akan berpartisipasi secara penuh,” papar Untoro.

Salah satu sarana persiapan yang dilakukan SKI di berbagai daerah adalah sosialisasi pendaftaran capres dan cawapres melalui Forum Musyawarah Reboan. 

Baca juga: Usai Deklarasi, Anies-Muhaimin Bakal Gerak Cepat Sampaikan Visi Keliling Indonesia

Melalui kegiatan ini pendukung Anies Baswedan dan caleg koalisi perubahan berinteraksi dan menyatu bersama masyarakat di desa-desa. Dengan demikian pendukung bisa mendekatkan masyarakat dengan kandidat serta mengangkat suara akar rumput sehingga dapat didengar langsung oleh Anies Baswedan.

Menurut Untoro, interaksi langsung dengan elemen masyarakat terutama yang berada di lingkup pedesaan harus dilakukan, sebab bisa menjadi salah satu medium untuk menghilangkan barrier serta membawa aspirasi masyarakat kepada Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

"Interaksi tersebut dapat dilakukan dalam Musyawarah Reboan yang digelar setiap Rabu malam,” ucapnya.

Baca juga: Koalisi Aktivis Perubahan Bergerak Siap Menangkan Anies-Muhaimin

Musyawarah Reboan bisa menjadi contoh bagaimana demokrasi dibawa hingga ke depan pintu masyarakat baik di daerah rural maupun perkotaan.

“Jadi ini dapat menjadi contoh untuk demokrasi khususnya di Indonesia. Masyarakat, melalui Musyawarah Reboan, dilibatkan secara penuh dalam menyusun arus gerakan dan kebijakan negara maupun daerah untuk kedepannya sehingga pemerintah tidak mengambil kebijakan yang tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” tukasnya. (S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat