visitaaponce.com

Agus Subiyanto Calon Tunggal Panglima TNI, Ini Penjelasan Jokowi

Agus Subiyanto Calon Tunggal Panglima TNI, Ini Penjelasan Jokowi
Agus Subiyanto dilantik sebagai KSAD oleh Presiden Jokowi.(BPMI Setpres)

Presiden Joko Widodo mengonfirmasi hanya mengirimkan satu nama calon panglima TNI untuk disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Agus Subiyanto yang baru saja dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), pada 25 Oktober 2023, adalah sosok yang diusulkan kepala negara. Agus diproyeksikan menggantikan Yudo Margono yang akan pensiun pada 26 November 2023.

Jokowi pun menjelaskan alasannya mengusulkan Agus Subiyanto sebagai calon tunggal Panglima TNI. Menurutnya, Agus memiliki kemampaun dan pengalaman untuk menduduki jabatan tersebut.

"Sudah kami sampaikan kurang lebih minggu yang lalu. Pertama, beliau kan Wakil KSAD, kemudian menjadi KSAD. Kalau melihat jam terbangnya di teritorial, di administratif, ini memenuhi semuanya," ujar Jokowi usai melakukan groundbreaking Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN), di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu (1/11).

Baca juga: Profil KSAD Jenderal Agus Subiyanto Pilihan Jokowi, Alumnus Akmil 1991

Apabila Agus Subiyanto terpilih, posisi KSAD nanti dipastikan akan kosong. Terkait sosok yang akan mengisi posisi tersebut, Jokowi mengatakan itu akan dilakukan bertahap setelah Panglima TNI diumumkan.

"Ya, belum. Satu-satu. Ini calon panglima memperoleh persetujuan dari DPR terlebih dahulu, baru setelah ada persetujuan kita memikirkan KSAD yang baru," tandasnya.

Baca juga: DPR Pastikan Agus Subiyanto Calon Tunggal Panglima TNI Baru

Secara terpisah, Koordinator Staf Khusus (Stafsus) Ari Dwipayana mengatakan presiden memiliki hak prerogatif untuk memilih Panglima TNI. Pengisian jabatan Panglima TNI, sambung dia, mempertimbangkan berbagai aspek antara lain kualifikasi kepangkatan, kepemimpinan, profesionalisme, rotasi antar matra.

"Serta berdasarkan kebutuhan strategis pertahanan negara," ujar Ari melalui keterangan tertulis, Selasa (31/10). (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat