visitaaponce.com

Wapres Minta Kasus Kelelahan Petugas Pemilu Tidak Terulang

Wapres Minta Kasus Kelelahan Petugas Pemilu Tidak Terulang
Wakil Presiden Ma'ruf Amin.(Setpres)

WAKIL Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menegaskan kasus kelelahan petugas pemilihan umum (pemilu) hingga berujung meninggal dunia tidak boleh terulang. Peristiwa itu terjadi pada Pemilu 2019.

"Pengalaman 2019 itu tidak boleh terulang (petugas meninggal) karena kelelahan, disamping juga penyakit bawaan," ujar Wapres usai menghadiri Gerakan Nasional Ketahanan Pangan 2023, di Taman Pancasila, Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu, 1 November 2023. 

Wapres menyampaikan saat ini pemerintah tengah menyusun langkah pencegahan. Sehingga kasus petugas kelelahan tak terjadi pada Pemilu 2024.  "Sekarang sudah dipetakan bagaimana mereka itu supaya tidak mengalami hal itu (sakit dan meninggal)," imbuh Wapres.

Baca juga : Petugas Ad Hoc Pemilu Perlu Dilindungi Asuransi

Dalam kesempatan yang sama, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan saat ini jajarannya sedang melakukan pemetaan terhadap potensi kerawanan di setiap daerah. Ia mengaku telah mengantongi data kerawanan dari Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) dan Badan Intelijen Negara (BIN). 

"Kita kembalikan kepada wilayah masing-masing untuk memetakan dan mengidentifikasi berdasarkan data yang ada ditambahkan dengan data terbaru," jelasnya. (MGN/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat