visitaaponce.com

Jokowi Pembangunan Infrastruktur Pemerintah di IKN Dimulai

Jokowi: Pembangunan Infrastruktur Pemerintah di IKN Dimulai
Presiden Joko Widodo saat menghadiri groundbreaking pembangunan komplek Bank Indonesia di IKN, Rabu, (1/11).(Youtube Sekretariat Presiden)

PRESIDEN Joko Widodo atau Jokowi mengatakan pemerintah akan membiayai pembangunan gedung pemerintah di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur. Saat ini, pemerintah memulainya dengan membangun istana presiden, kantor-kantor menteri, dan infrastruktur lain. Pembangunan ditargetkan hingga Desember 2023 dengan total anggaran Rp45 triliun.

“Pembangunannya untuk bangunan-bangunan pemerintah memang kita biayai 20% untuk infrastruktur dasar dan gedung-gedung pemerintah dibiayai oleh APBN dan 80% lainnya akan kita berikan kepada private sektor," terang presiden dalam acara ground breaking Bank Indonesia (BI) di IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (2/11).

Selain itu, presiden menyampaikan ada 5 hotel yang akan segera dibangun, empat bintang lima, satu bintang 4. Lalu, ada 4 rumah sakit yang dimulai pembangunannya, serta sekolah.

Baca juga: Jokowi: Rp45 Triliun Investasi Masuk ke IKN Hingga Desember 2023, Semua dari Dalam Negeri

Presiden Hadiri Rangkaian Groundbreaking di IKN

Pada Rabu (1/11), Presiden Jokowi sudah melakukan peletakan batu pertama untuk sekolah Nusantara Intercultural School (NIS). Pembangunan sekolah, imbuh presiden, akan ada untuk level sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA).

"Jadi kalau bapak, ibu mau pindah sudah ada sekolahnya. Sebentar lagi akan dibangun yang dari pemerintah ini SD, SMP, SMA akan kita bangun.

Baca juga: Jokowi Bawa Ridwan Kamil ke IKN, Jadi Tim Pemenangan Ganjar-Mahfud MD?

Di IKN, ujar presiden, juga akan dibangun training center untuk Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Diharapkan April atau Mei 2024, menurut presiden, akan dibangun 8 lapangan bola untuk training center PSSI.

"Hari ini kita kembali melakukan groundbreaking untuk pembangunan kantor Bank Indonesia di ibukota Nusantara," terang presiden.

Keberadaan gedung perkantoran Bank Indonesia di IKN diyakini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat, dunia usaha dan investor karena otoritas moneter perbankan dan sistem pembayaran telah siap.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat