visitaaponce.com

Prabowo-Gibran Raup Elektabilitas Tertinggi di Jatim

Prabowo-Gibran Raup Elektabilitas Tertinggi di Jatim
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka(AFP/Adek Berry)

CALON Preisden (capres) Prabowo Subianto dan Calon Wakil Presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka dinilai semakin potensial memenankan Pilpres 2024. Hal tersebut tidak terlepas dari tingginya elektabilitas Prabowo-Gibran di wilayah Jawa Timur (Jatim).

Seperti terekam dalam hasil survei terbaru Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) periode 22-27 Oktober 2023. Prabowo-Gibran berada di urutan pertama elektabilitasnya di Jatim dengan 40,1 persen.

Jumlah tersebut di atas elektabilitas Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dengan 35,9 persen. Prabowo-Gibran juga unggul dari pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dengan 22,2 persen.

Baca juga : Jokowi-Gibran Gagal Genjot Elektabilitas Prabowo

"Elektabilitas Prabowo-Gibran juga sudah sangat kuat di Jatim, terbukti dalam survei ARCI yang menemukan Prabowo-Gibran tertinggi," kata Direktur Eksekutif Partner Politics AB Solissa dalam keterangannya, Jumat (3/11).

Selain itu, Solissa juga menyoroti hasil survei Polling Institute periode 25-28 Oktober 2023 kemarin. Survei itu juga menemukan Prabowo-Gibran yang tinggi di Jatim dengan 33 persen.

Sedangkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berada di posisi kedua dengan 26,5 persen dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD berada di posisi ketiga dengan 25,3 persen.

Dia menilai, dengan elektabilitas setinggi itu, sangat mudah bagi pasangan Prabowo-Gibran untuk memenangkan Pilpres 2024 mendatang. Prabowo dan Gibran sangat mampu mendapat dukungan dari wilayah dengan basis terbanyak kalangan Nahdlatuk Ulama (NU) tersebut.

"Melihat tren pemilih serta dukungan tokoh-tokoh berpengaruh di Jatim, rasa-rasanya tidak terlalu sulit bagi pasangan Prabowo-Gibran untuk memenangkan pertarungan di basis pemilih yang mayoritas didominasi oleh warga NU tersebut," pungkasnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat