visitaaponce.com

Didukung Pemilih Loyal, Elektabilitas Prabowo Masih Tertinggi

Didukung Pemilih Loyal, Elektabilitas Prabowo Masih Tertinggi
Bakal calon presiden Anies Baswedan (tengah), Ganjar Pranowo (kanan) dan Prabowo Subianto (kiri)(Antara)

ELEKTABILITAS bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto menjadi yang terkuat saat ini. Hal itu tak terlepas dari para pemilihnya yang loyal. 

Pengamat politik Universitas Esa Unggul, Jamilludin Ritonga mengatakan pendukung Prabowo masih sangat solid. Dia menilai Prabowo berhasil menjaga basis massanya yang besar selama ini.

"Saya pikir Pak Prabowo itu elektabilitasnya meningkat memang pertama itu berbekal dari jaringan dia yang lama," kata Jamilludin dalam keterangannya, Minggu (5/11).

Baca juga : Program Air Bersih Prabowo Bantu Kekeringan di Berbagai Wilayah

Dia menyebut Prabowo sukses mempertahankan wilayah tempat dirinya unggul pada Pilpres 2019 yang lalu. Misalnya Banten dan juga Jawa Barat (Jabar).

Baca juga : Teruji dan Percaya Kemampuan Anak Muda, Prabowo Layak Pimpin Indonesia

"Iya itu kan terbukti di Jawa Barat dia masih unggul, di Banten juga masih unggul," ucap Jamilludin.

Berhasilnya Prabowo dalam mempertahankan pemilihnya memang membuat elektabilitasnya menjadi paling tertinggi di antara capres lainnya. Hal itu terlihat dari hasil berbagai survei.

Misalnya terlihat dari survei Polling Institute periode 25 – 28 Oktober 2023 dalam simulasi tiga nama yang menemukan Prabowo – Gibran meraih elektabilitas 36,2 persen. Raihan itu unggul dari Ganjar - Mahfud dengan 32,8 persen dan Anies– Muhaimin dengan 21 persen.

Hasil serupa juga diperlihatkan dari riset Lembaga Survei Jakarta (LSJ) periode 18-26 Oktober 2023 yang lagi-lagi menemukan posisi Prabowo – Gibran di posisi pertama dengan 40,2 persen. Raihan itu unggul dari Ganjar – Mahfud sebesar 34,5 persen dan Anies – Muhaimin 19,3 persen. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat