visitaaponce.com

Wakil Ketua KPK Sebut Firli Sibuk

Wakil Ketua KPK Sebut Firli Sibuk
Firli diklaim sibuk sehingga tidak bisa hadir penuhi panggilan polisi(MI / Susanto)

WAKIL Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johanis Tanak mengatakan jadwal pimpinan KPK termasuk Ketua KPK Firli Bahuri untuk Selasa, 7 November 2023 padat. Hal itu membuat Firli tidak bisa memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya soal dugaan pemerasan mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL)

"Jadi kendala ini bukan mengada-ada, memang sudah ada sebelumnya direncanakan," kata Johanis di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin, (6/11). 

Johanis mengatakan pemanggilan terhadap Firli juga tidak memungkinkan untuk diwakili pimpinan lain. Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango sedang sakit dan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengikuti Road Show Bus Antikorupsi di Palembang, Sumatra Selatan.

Baca juga : Pilih ke Aceh, MAKI Sebut Firli Nomor Duakan Panggilan Penyidik

"Pak Nurul Ghufron ke luar negeri, nah saya besok ada tugas dengan Korea. Ini sudah pembagian tugas dan sudah terjadwal sebelumnya," papar dia.

Baca juga : Firli Bahuri Dipastikan Kembali Tak Hadiri Pemeriksaan Kasus Pemerasan SYL

Johanis menyebut Firli diagendakan mengikuti Road Show Bus Antikorupsi di Aceh. Firli disebut tidak bisa digantikan Johanis dan begitu pula sebaliknya.

"Nanti tidak match lagi penyampaiannya. Nanti Koreanya marah (karena beda orang). Sehingga dengan problem itu kami menyampaikan surat untuk minta reschedule waktu pemeriksaan," jelas dia.

Menurut Johanis permohonan penjadwalan ulang adalah hal biasa dalam pemeriksaan. Hal itu dimungkinkan bila dalam kondisi yang betul-betul mendesak.

"Tapi kami selaku pimpinan menghormati hukum terkait pemanggilan itu. Memang kondisinya begitu sehingga perlu ada permintaan penjadwalan kembali," ucap dia.

Penyidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya melayangkan surat panggilan pemeriksaan tambahan kepada Ketua KPK Firli Bahuri pada Kamis, 2 November 2023. Firli diminta datang untuk menjalani pemeriksaan lanjutan pada Selasa, 7 November 2023.

"Jadwal pemeriksaan di hari Selasa tanggal 7 November 2023 pukul 10.00 WIB di ruang Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, lantai 21 gedung Promoter," kata Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat, 3 November 2023.

Pucuk pimpinan Lembaga Antirasuah itu diperiksa pertama kali di Gedung Bareskrim Polri lantai 6 ruang pemeriksaan Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor) Bareskrim Polri pada Selasa, 24 Oktober 2023. 

Hasil pemeriksaan oleh penyidik gabungan Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dan Dittipidkor Bareskrim Polri adalah Firli mengakui pernah bertemu dengan SYL di Lapangan Badminton GOR Tangki, Sawah Besar, Jakarta Barat pada Maret 2022. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat