visitaaponce.com

NasDem Nilai Pj Bupati Sorong Cari Muka dalam Pakta Integritas Menangkan Ganjar

NasDem Nilai Pj Bupati Sorong Cari Muka dalam Pakta Integritas Menangkan Ganjar
Calon presiden (capres) Ganjar Pranowo dan cawapres Mahfud MD(Adek BERRY / AFP )

WAKIL Ketua Komisi III DPR dari Fraksi NasDem Ahmad Sahroni menilai pakta integritas dukungan penjabat (Pj) Bupati Sorong Yan Piet Moso terkait dukungan kepada calon presiden (capres) Ganjar Pranowo bentuk cari muka atau carmuk. Cara itu dilakukan dengan maksud mendapat tujuan tertentu, misalnya agar mendapat perlindungan hukum.

"Tapi ada hal yang mungkin akhirnya terlihat bahwa ada, ya kalau dibilang 'carmuk' lah. Carmuk untuk memenangkan paslon tertentu agar dilindungi dari segala aspek hukum," kata Sahroni di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 15 November 2023.

Ia menekankan bahwa tidak ada yang bisa menjamin seseorang diberikan perlindungan hukum meskipun sudah melakukan berbagai upaya. Yan Piet Moso pun kini ditangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Baca juga: Surya Paloh: Seberapa Besar Kekuasaan Sewaktu-waktu akan Berakhir

"Kan saya pernah tuh menyampaikan di republik ini enggak ada yang menjamin secara hukum siapa pun dia. Kalau tidak hati-hati maka hukum itu berlaku pada siapa pun, ya contohnya OTT di Sorong itu," ujar Sahroni.

Sebelumnya, beredar pakta integritas yang ditulis Pj Bupati Sorong Yan Piet Moso. Pada pakta integritas itu menyatakan sejumlah poin yang salah satunya siap mencari dukungan di Kabupaten Sorong kepada Ganjar pada Pilpres 2024.

Baca juga: Gibran Bantah Isu Sungkem Kaesang Ditolak Megawati

Pakta itu ditandatangani Yan Piet Mosso dan Kepala Badan Intelijen Nasional Daerah (Kabinda) Papua Barat Brigjen TNI TSP Silaban pada Agustus 2023.

Berikut isi pakta integritas tersebut:

  1. Mendukung dan melaksanakan penuh keberhasilan program Pemerintah Pusat di Wilayah Kabupaten Sorong. 
  2. Tidak melakukan Tindak Pidana Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN). 
  3. Menolak sepenuhnya segala kegiatan yang bersifat separatisme serta aktivitas pergerakan Papua Merdeka di wilayah.
  4. Siap mencari dukungan dan memberikan kontribusi suara pada Pilpres 2024, minimal 60 persen + 1 untuk kemenangan Ganjar Pranowo sebagai Presiden Republik Indonesia di Kabupaten Sorong.
  5. Bersedia menjaga kerahasiaan sepenuhnya berkaitan pembuatan Pakta Integritas ini. (MGN/Z-7)


Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat