visitaaponce.com

Anies Pajak Bumi dan Bangunan Sekolah-Universitas Swasta Harus Gratis

Anies: Pajak Bumi dan Bangunan Sekolah-Universitas Swasta Harus Gratis
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dalam dialog di Universitas Muhamadiyah Surakarta.(MIWidjajadi)

CALON presiden (capres) Anies Baswedan menegaskan komitmen soal kesetaraan di sektor pendidikan. Anies memproyeksikan sekolah dan universitas swasta tidak dibebani biaya soal tanah. Salah satunya dengan cara pembebasan biaya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

"Sekolah swasta, universitas swasta, menurut kami harus dibebaskan dari PBB (pajak bumi dan bangunan) atas tanah mereka. Nol, harus nol," kata Anies dalam dialog terbuka Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah, Rabu, 22 November 2023.

Anies mengatakan pemerintah seharusnya memberi insentif bagi sekolah dan universitas swasta. Sebab, negara tidak mampu menyekolahkan seluruh anak-anak Indonesia.

Baca juga: Elektabilitas Terus Meningkat, Anies Sebut Banyak yang Inginkan Perubahan

"Cara negara membayar balik adalah untuk sekolah, kampus, dan semua yang sifatnya sosial termasuk rumah sakit, nol PBB-nya," ujar dia.

Prinsip kesetaraan itu, kata Anies, juga berlaku bagi guru yang statusnya pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K). Guru P3K seharusnya dibiarkan tetap mengajar di swasta karena mereka mengajar anak Indonesia.

Baca juga: Surya Paloh Jabat Ketua Dewan Pembina Timnas AMIN

"Kenapa jadi guru swasta seakan-akan bukan Indonesia, harus dikembalikan ke pemerintah? Itu saya sebut diskriminasi," papar dia.

Anies menyebut negara seharusnya yang memberi insentif bagi swasta karena telah berinvestasi. Pihak swasta yang mendidik para guru hingga menjadi doktor.

"Tahu-tahu dipindah ke negara. Ini harus dibalik agar negara investasi ke dosen dan guru swasta supaya mereka bisa dapat pendidikan lebih tinggi," jelas dia.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat