visitaaponce.com

KPU Siapkan Desain Surat Suara Pilpres, Anies-Muhaimin Tampil Beda

KPU Siapkan Desain Surat Suara Pilpres, Anies-Muhaimin Tampil Beda
Surat suara Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024(Dok. KPU )

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI sudah menyetujui desain surat suara untuk pemilihan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilu 2024, termasuk foto tiga pasangan calon. Berdasarkan contoh surat suara yang beredar, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar tampil dengan busana dan gaya yang berbeda.

Pasangan nomor urut 1 itu kompak mengenakan kemeja putih dan jas serta peci hitam. Dalam foto di surat suara, Anies dan Cak Imin juga terlihat mengangkat tangan masing mirip gaya hormat. Gaya pasangan yang dikenal dengan akronim Amin itu mengingatkan dengan kampanye Salam Bersama saat Anies maju dalam kontestasi Pilkada DKI Jakarta 2017 bersama Sandiaga Uno.

Sementara itu, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang mendapatkan nomor urut 2 sama-sama mengenakan kemeja berwarna biru muda. Pakaian itu kerap digunakan keduanya, termasuk saat saat didaftarkan gabung partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) ke Kantor KPU RI sebagai capres dan cawapres.

Baca juga: Mengapa Debat Capres Cawapres Digelar di Jakarta? Ini Jawaban KPU

Adapun pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengenakan pakaian yang berbeda. Ganjar dengan kemeja hitam, sedangkan Mahfud berkemeja putih. Seperti halnya pasangan Amin, Mahfud juga mengenakan peci.

Menurut anggota KPU RI Idham Holik, foto setiap pasangan calon yang diterima pihaknya dari tim kampanye masing-masing calon sepenuhnya menjadi kewenangan para capres dan cawapres. KPU hanya memberikan batasan bahwa foto capres-cawapres dalam surat suara harus sopan.

Baca juga: Kebocoran Data Ancam Integritas Pemilu 2024

"Dan mereka memang kita berikan ruang kebebasan untuk memilih foto-foto terbaik menurut beliau-beliau," jelas Idham saat dikonfirmasi, Rabu (29/11).

Sementara itu, anggota sekaligus Ketua Divisi Perencanaan, Keuangan, Umum, Rumah Tangga, dan Logistik KPU RI Yulianto Sudrajat mengatakan surat suara itu sudah disetujui. "Berikutnya masuk proses di percetakan." (Tri/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat